KALAU KE BANDUNG JANGAN LUPA COBA MAKANAN INI (part 2)

Kalian pasti udah baca yang part 1 kan? Hayo siapa yang udah cobain semua makanannya? Nah kalo misalnya di part 1 kurang, kami akan kasih tau lagi nih apa aja sih makanan khas Bandung lainnya yang harus di coba.

Makanan Khas Bandung

Simak yaa karena kali ini makanan yang akan dibahas makanan yang namanya disingkat-singkat. Penasaran kan?

1.Cimol

Kamu pasti familiar kan sama cimol ini, tau ga sih arti dari cimol? Cimol ini berasal dari dua kata yaitu aci digemol atau aci yang dibuat dengan cara di buat bundar bundar kecil.

Bahan dasarnya yaitu tepung kanji dan dicampur dengan bumbu-bumu lainnya lalu di goreng. Cimol ini tekstrunya kenyal, penyajiannya pun berbeda kadang ada yang pakai bumbu cabai kering dan penyedap lainnya seperti bumbu barbeque, balado, asin, jagung bakar dll.

Untuk harga jangan ditanya, karena murah banget dibawah 10 ribu.

2.Cireng

Makanan ini juga pasti ga asing kan, cireng merupakan singkatan dari aci digoreng. Sebenernya bahan dasar yang dipakai ga terlalu jauh beda, namun cireng ini ukurannya lebih besar.

Kadang rasanya ada yang polos, ada juga cireng yang diberi isi seperti keju, ayam maupun baso.

Kalau cireng polos biasanya diberi bumbu kacang yang khas, tapi bumbu ini sedikit agak berbeda dengan bumbu kacang yang ada di batagor maupun baso tahu. Untuk satu pcs biasanya dibanrol 2 ribu rupiah.

3.Cilok

Semua orang pasti tau ini, karena ga jauh beda juga dengan cimol namun cara pembuatannya ga di goreng, namun di kukus.

Cilok ini singkatan dari aci dicolok yang disajikan dengan bumbu kacang. Selain bumbu kacang, saos yang cair juga cocok untuk di konsumsi.

Untuk kamu yang ingin merasakan cilok, di setiap titik di Bandung pasti banyak penjual cilok, beberapa kafe juga ada yang menyediakannya. Harga perporsi biasanya dibawah 10 ribu.

4.Cilung

Mungkin kamu baru dengar makanan ini. cilung atau aci di gulung ini biasanya ditemukan di jajanan SD.

Cilung ini dibat dengan tepung kanji atau tepung sagu yang di campur dengan bumbu lainnya kemudian di goreng pada minyak yang panas,

lalu penjualnya kan menggulung aci tersebut menggunakan tusuk sate apabila dirasa sudah matang.

Bumbu dari makanan ini yaitu bumbu kacang serbuk dan juga bumbu cabai kering. Kalau makan cilung ini harus pas masih panas yaa biar rasanya lebih mantap. Untuk harga dibawah lima ribu pertusuknya.

5.Bandros

Ups ini bukan bandros yang jadi alat transportasi di Bandung ya. Bandros ini makanan jaman dulu yang sampai sekarang masih bertahan, karena memang rasanya bisa masuk ke setiap kalangan.

Bandros ini berbahan dasar tepung terigu, santan, dan kelapa parut dengan rasa yang gurih. Pembuatannya dimasukan ke cetakan yang sudah panas.

Kalau udah matang biasanya ditaburi gula agar bercampur antara manis dan gurih. Tukang bandros inipun banyaknya yang di pikul loh. Untuk harga seporsi biasanya dibawah 10 ribu.

6.Surabi

Makanan ini juga menjadi makanan khas dari Bandung yang biasa disajikan saat masih panas. Dahulu toping yang terkenal dari surabi ini hanya surabi oncom dan surabi coklat.

Namun seiring berjalannya waktu banyak inovasi baru yang dikeluarkan seperti rasa greentea, durian, keju, susu dll. Untuk harga persatuannya yaitu dibawah 10 ribu.

TAU FAKTA UNIK TENTANG MAKANAN-MAKANAN INI?

Tidak banyak orang yang peduli tentang gizi atau kandungan yang ada di dalam setiap makanan.

Tak terkecuali orang yang sedang program hidup sehat, pasti mereka akan memperhatikan apa yang ia makan.

Fakta Unik Makanan

Kebanyakan orang hanya melihat dari manfaat, kandungan gizi dan kalori dalam sebuah makanan. Padahal ada beberapa fakta yang pasti kamu belum tau tentang ini.

  1. Banyak orang yang tau bahwa jeruk memilki kandungan vitamin C yang baik, tetapi tau ga sih kamu ternyata paprika mengandung vitamin C 2,5 lebih banyak daripada jeruk.
  2. Orang-orang akan mengira ketika kita banyak makan makanan yang manis akan membuat kita menjadi gemuk karena kadar gula yang tinggi, tapi ternyata dengan makan makanan yang manis kita akan mudah buang air besar loh.
  3. Kalau kamu makan madu asli yang sudah berbulan bulan atau bertahun tahun, kamu ga akan keracunan. Pasalnya madu yang asli ga punya tanggal kadaluarsa. Ohiya madu pun tidak akan di gerumuti oleh semut loh.
  4. Banyak yang mengatakan bahwa, makanan akan terasa lebih enak ketika dimakan malam hari. Gimana pendapat kalian?
  5. Stigma terhadap coklat bisa menyebabkan jerawat itu ternyata salah besar. Sebab jerawat itu di produksi oleh hormone kita dan belum ada penelitian mengenai kaitan tentang jerawat dan cokelat.
  6. Keju merupakan makanan yang paling sering di curi di dunia. Beberapa jenis keju memiliki daya jual yang tinggi. Sudah seperti emas aja ya sampe di curi segala
  7. Kandungan air yang terdapat di mentimun yaitu sektar 96,5%. Wah banyak juga ya melebihi buah-buahan lain.
  8. Sebenarnya pisang masuk dalam golongan beri-berian tetapi tidak dengan stroberi. Kenapa bisa gitu ya?
  9. Kamu suka mengonsumsi Froot Loops? Ternyata sereal berwana-wani ini hanya memiliki satu rasa saja loh. Jangan tertipu karena berbeda warna ya.
  10. Hayo siapa yang suka dengan saus tomat? Karena katanya setiap satu botol saus tomat terdapat sekiar 30 atau lebih telur lalat di dalamnya.
  11. Kamu tau obat sianida yang dapat membunuh seseorang? Nah ternyata biji apel dapat melepas sianida saat proses metabolisme dalam tubuh. Hati-hati ya.
  12. Sebagian dari gula pasir ternyaa diputihkan menggunakan zat pemutih yang katanya di hasilkan dari tulang binatang.
  13. Kabarnya menurut beberapa orang yang kanibal, rasa daging manusia rasanya mirip seperti daging babi
  14. Semakin kecil ukuran cabai, artinya semakin pedas. Maka dari itu tingkat kepedesan cabai tidak bisa ditunjukkan oleh warna
  15. Biji alpukat mempunyai racun yang sangat bahaya bagi burung merpati
  16. Kalau kita suka mengonsumsi daun sampeu, atau daun singkong. Nyamuk akan tidak menyedot darah kita.
  17. Nyamuk lebih suka kepada orang yang baru saja memakan buah pisang
  18. Warna kuning atau merah dalam makanan bisa membuat seorang anak menjadi hiperaktif.
  19. Orang China akan menganggap teh sama seperti racun.
  20. Untuk mengecek apakah kamu mengonsumsi telur busuk atau tidak, sebelum di masak coba masukan telur kedalam air. Jika telur tersebut mengapung di permukaan air tandanya telur tersebut sudah busuk karena adanya penumpukan gas di dalamnya.
  21. Ketika kamu merasa lapar, cobalah untuk memakan sepotong dark cokelat. Pasalnya dengan kamu memakan hanya sepotong, akan buat kamu merasa lebih kenyang sehingga mencegah untuk makan banyak

KALAU KE BANDUNG JANGAN LUPA COBA MAKANAN INI

Bandung salah satu kota besar yang berada di Jawa Barat sekaligus menjadi Ibukota menjadi kota metropolitan atau tidak pernah tidur.

Kota Bandung ini sudah hampir mirip sama Jakarta, yang dimana selalu macet. Tetapi jangan salah, kalau sudah masuk waktu weekend, Bandung ini penuh dengan pendatang asing.

Karena Bandung sendiri memiliki puluhan tingga ratusan tempat wisata yang bisa didatangi mulai dari museum, wisata alam dan juga tempat berwisata belanja.

Oleh karena itu ga salah lagi kalau misalnya Bandung menjadi salah satu tujuan wisata favorite selain kota lainnya.

Kuliner Khas Bandung

Bandung terkenal dengan berbagai macam khas kulinernya. Kuliner Bandung pun sangat variatif dan memiliki cita rasa yang tinggi.

Harganya pun sangat terjangkau dan kamu bisa dimanjakan oleh berbagai cita rasa mulai dari makanan yang manis hingga asin. Rasanya kurang pas apabila kamu berkunjung ke Bandung tapi ga nyobain makanan-makanan ini.

Berikut beberapa makanan khas Bandung yang wajib kamu cobain. Cekidot!

1.Seblak

Belum ke Bandung kalau kamu belum coba seblak. Makanan ini cocok banget buat lidah yang suka pedas.

Awalnya seblak terbuat dari campuran kepuruk basah dan telur yang dibuat dengan bumbu-bumbu rempah.

Tetapi seiring berjalannya waktu, topping seblak ini bertambah banyak seperti baso, ceker, mie, sosis, simoay, macaroni dan lain-lain. Harganya bener-bener terjangkau ga sampe 20 ribu! Tapi kamu udah dibuat kenyang.  

2.Batagor

Tau ga sih kepanjangan dari batagor? batagor itu singkatan dari baso tahu goreng. Makanan ini biasanya dijual pakai gerobak.

Batagor ini terbuat dari adonan ikan yang dicampur dengan tepung, lalu adodan tersebut ditaruh diatas tahu putih dan kulit pangsit lalu di goreng dan disajikan dengan bumbu kacang dan kecap.

Batagor ini di bandrol mulai dari Rp 10 ribu, namun ada batagor yang sangat terkenal yaitu kingsley itu harganya cukup mahal tapi rasanya tidak akan bohong.

3.Baso tahu

Baso tahu ini tidak jauh beda dengan batagor. Karena bahan dasarnya sama dan disajikannya juga memakai bumbu kacang dan kecap.

Namun yang membedakan baso tahu dan batagor ini adalah, baso tahu cara pembuatannya di kukus.

Lalu selain tahu dan simoay, biasanya si penjual suka menambahkan topping seperti kol kukus dan telor utuh rebus. Harganya juga mulai dari 10 ribu per porsi.

4.Mie kocong

Bagi kamu yang suka dengan hidangan mie, kamu harus mencoba mie kocok ini. isi dari mie kocok yaitu mie kuning gepeng, potongan kikil, tauge, serta daun seledri dan bawang goreng untuk menambah rasa.

Kalau kamu suka pedas, tinggal ditambah sambal dan jangan lupa memakai jeruk nipis. Dijamin deh nagih banget.

Untuk harga biasanya mulai dari 25 ribu, Mie kocok yang favorite ada di jalan kebon kawung, sebelah Kartika Sari.

5.Bola Ubi

Untuk kamu yang suka cemilan ringan dan manis, kamu harus banget coba bola ubi. Pada dasarnya ini adalah ubi yang dicampur dengan adonan tepung dan di goreng.

Berbentuk bulat dan biasanya seporsi di bandrol 15 ribu. Kamu bisa menemukan bola ubi ini di daerah gardujati.

6.Gehu jeletot

Yang suka makan gorengan mana nih suaranya? Kalau kamu suka makanan ringan yang pedas, gehu ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Gehu ini merupakan tahu yang dalamnya diisi dengan irisan wortel, sayur kol dan ditambah cabe, lalu tak lupa di lumuri oleh adonan basah.

Saat makan ini kamu akan dimanjakan oleh rasa yang gurih, pedas dan juga kriuk. Satu gehu pedas ini biasnya dibandrol 3 ribu rupiah saja.