DERETAN MAKANAN KHAS PALEMBANG

Salah satu icon dari kota Palembang yaitu Jembatan Ampera yang sangat megah. Tak hanya itu, kebanyakan orang hanya tau mkanan khas Palembang itu hanya pempek saja. Padahal banyak sekali makanan yang bisa kamu cobain dan tentunya rasanya pun sangat nikmat. Makanan-makanan tersebut pun ada yang berasal dari alkuturasi dari berbagai macam daerah yang menghasilkan berbagai macam masakan. Jangan lupa untuk cobain makanan ini ya bila berkunjung ke Palembang!

Daftar Makanan Khas Palembang

1.Pempek

Gak usah jauh jauh ke Palembang, sebenernya di beberapa derah di Indonesia banyak yang menjual pempek. Tapi memang, pempek asli Palembang dan yang bukan itu memiliki rasa yang berbeda. Rasa yang diciptakan dari pempek Palembang memang memiliki cita rasa yang kuat, ditambah memang ikannya juga sangat terasa tapi gak bau amis. C

Kuahnya disebut dengan cuko, sangat segar saat di santap. Di Palembang sendiri sudah banyak yang jual pempek tentunya dengan rasa yang berbeda-beda. Satu porsi dari pempek ini terdiri dari pempek kapal selam, pempek lonjor, pempek isi telor dan jenis pempek lainnya. Selain itu satu porsinya biasanya diberi potongan mentimun dan ada yang diberi mie atau bihun.

2.Tekwan

Jika kamu belum tahu, tekwan adalah makanan khas Palembang dan mungkin kamu berpikir bahwa tekwan adalah makanan dari luar negeri. Makanan ini dibuat dari bakso ikan, soun dan disiram dengan kuah bening yang dibuat dari kaldu. Yang uniknya dari bakso ini pun bukan dibuat bulat-bulat seperti biasanya, tapi bentukannya lebih seperti tetelan daging dan rasanya yang segar dan gurih bakal bikin kamu ketagihan. Toping lainnya yang biasa ada di dalam satu porsi tekwan biasanya ada bengkoang dan jamur kuping yang sudah di iris tipis-tipis.

3.Celimpungan

Bila kamu melihat gambarnya atau pernah mencicipi secara langsung sekilas memang mirip lontong kari. Namun sebenarnya makanan ini dibuat dari ikan yang disampur dengna tempung sagu. Adonan ini dibuat tidak beraturan melebihi ukuran tekwan dan diberi kuah kari yang sangat kental. Harga satu porsi makanan ini pun biasa dijual seharga Rp 10.000.

4.Laksan

Makanan khas Palembang lainnya yaitu ada Laksan yang gak kalah enak dengan pempek. Buat yang udah pernah cobain pasti memang gak terlalu jauh bedanya, namun yang uniknya dari laksan ini diberi kuah layaknya lontong sayur. Kuah kuning kental ini diberi santan sehingga menciptakan rasa yang gurih. Laksan pun kerap disebut makanan berat karena memang sering dijadikan untuk mengisi perut.

5.Lakso

Makanan selanjutnya yaitu ada lakso yang hanya bisa ditemukan di Palembang. Lakso itu pada dasarnya seperti mie udon yang dibentuk lebih tebal dan terbuat tepung baeras dan sagu. Sajian lakso itu bukan berupa mie saja, tapi diberi dengan kuah santan campuran kadlu yang berwarna putih agak ke kuning-kuningan keruh. Lakso juga biasanya disajikan dengan menggunakan tambahan ikan gabus.

6.Malbi

Saat melihat penampilannya, kamu bakalan berpikir ini adalah semur. Padahal nyatanya memang bukan semur tapi menyerupai semur. Malbi ini terbuat dari daging sapi yang diberi bumbu dengan rempah-rempah asli sehingga akan menghasilkan rasa yang sangat kuat. Rempah rempah yang digunakan itu ditumis dengan daging dan dibuat menjadi agak kering. Karena rasanya yang gak kalah enak dengan semur, Malbi ini sangat cocok dimakan bersama lontong ataupun ketupat, yang mau paki nasi juga cocok kok. Hidangan ini biasanya ada saat perayaan hari raya seperti Idul adha.

MAKANAN YANG BISA MENDETOX TUBUH

Orang-orang yang merasa sehat, sebenarnya itu gak sepenuhnya sehat loh guys. Disetiap tubuh manusia memang akan selalu ada racun yang mengendap entah itu racun yang bahaya dan tidak.

Agar gak bikin penyakit, kamu harus melakukan detox, apa sih detox itu ? detox merupakan proses mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk detox, salah satunya dengan mengonsumsi beberapa makanan sehat, apa saja ya? simak informasi berikut ini!

1.Lemon

Udah gak asing lagi jika lemon dipercaya dapat mendetox racun yang ada di tubuh. Tapi memang benar, dengan mengonsumsi lemon saat pagi hari setelah bangun tidur dan malam sebeleum bangun tidur, memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Lemon sendiri dapat mengeluarkan racun pada perut, sehingga bisa membantu kamu saat sedang program diet.

Kamu bisa menggunakan lemon asli yang di peras atau beli air lemon yang dijual di pasaran. Racun keluar, tubuhmu juga akan menjadi lebih sehat, belum lagi kamu bakal dapat bonus tubuh yang langsing.

2.Buah bit

Selanjutnya ada buah bit yang bisa membantu untuk detoksifikasi tubuh. Buah bit merupakan penghasil asam nitrat dimana berfungsi untuk membersihkan darah, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh pun akan meningkat. Tak hanya itu, buah bit juga mengandung karoten, asam fenolik, betalin dan vitamin E yang bisa memperbaiki sel hati. Buah bit ini akan lebih nikmat jika dijadikan jus dan dicampur dengan beberapa buah lainnya.

3.Sayuran hijau

Selain banyak manfaat yang bisa didapatkan dari sayuran hijau, ternyata beberapa sayuran hijau seperti selada air, kale, dandelion hijau dan arugula bisa mendetox racun yang ada pada hati. Memang ada beberapa sayuran hijau yang rasanya pahit, tapi rasa pahit itulah yang memiliki manfaat yang banyak.

4.Kaldu daging dan ayam

Tak hanya dagingnya yang bisa memberikan manfaat, ternyata kaldunya pun bisa membantu untuk detoksifikasi tubuh khususnya pada organ hati. Selain itu kaldunya pun bisa menguatkan tulang dan send serta membantu dalam menjaga imun tubuh.

5.Teh

Minum teh tanpa gula sangat baik untuk proses detox tubuh. Ada juga beberapa teh herbal yang memang banyak manfaatnya seperti bupleurum dan akar dandelion. Gak cuma untuk detox tubuh saja, tapi teh-teh tersebut bisa meregenarasi sel hati dan memperbaiki fungsi sel yang rusak. Kemudian teh juga sangat bagus untuk perempuan guna menghindari kanker dan meminimalisir sakit kram saat PMS. Teh dicampur dengan perasaa lemon juga makin segar kok, malah lebih optimal.

6.Nanas

Seperti yang kita tau bahwa buah yang cenderung asam pasti mengandung banyak vitamin c. Begitupun dengan nanas, didalamnya mengandung enzim yang bisa membersihkan usus besar dan membuang racun yang tak diperlukan oleh tubuh yaitu enzim bromelain.

7.Rumput laut

Banyak orang yang jarang mengonsumsi rumput laut, padahal didalamnya terdapat kandungan yang sangat baik untuk mengeluarkan racun seperti di saluran kemih. Tak hanya itu saja, rumput laut bisa mengurangi racun dalam ginjal dan bisa membantu untuk mengurangi kelebihan air di tubuh. Hal itu disebabkan karena rumput laut memiliki kandungan fucoxanthin, antioksidan dan polifenol.

8.Salad

Salad buah ataupun salad sayur memang sama-sama memiliki manfaat yang banyak. Apalagi yang didalamnya terdapat sayuran hijau seperti selada, arugula, bayam dan lainnya. Campuran dari makanan ini selain sehat, juga bisa mendetox tubuh serta membuat energi bertambah.

MAKANAN INDONESIA INI SEBENERNYA BUKAN MURNI DARI INDONESIA LOH

Indonesia telah di jajah oleh 5 negara selama beratus-ratis tahun, salah satunya oleh Belanda. Nah Belanda ini menjadi negara terlama yang menjajah Indonesia yakni hingga 350 tahun. Tak heran jika beberapa buda Indonesia telah mengalami akulturasi dengan negara Belanda, ya kalian bisa bayangkan aja selama 350 tahun mereka berusaha untuk menguasai negara kita. Sebenernya banyak sekali akulturasi mulai dari budaya, bahasa hingga yang pealing mencoloknya adalah kuliner.

Mungkin kamu bakalan kaget kalau tau makanan-makanan dibawah ini ternyata bukan asli dari Indonesia, tapi merupakan hasil akulturasi dari Belanda. Kira-kira makanan apa aja?

1.Perkedel

Makanan yang pertama ini merupakan versi makanan dari Belanda yang disebut dengan frikadeller yaitu gorengan yang dibuat dari kentang yang dicampur dengan daging. Frikadeller ini awalnya diadaptasi dari Denmark, namun lebih terkenal di Belanda. Tapi sebenernya kamu tau gak kepanjangan dari perkedel itu apa? Perkedel merupakan persatuan kentang dengan telor, memang mirip tapi masuk di akal sih.

2.Semur

Mungkin kamu akan berpikir bahwa semur ini makanan dari daerah Jawa ya? siapa yang sangka ternyata semur merupakan kata serapan dari Belanda yaitu ‘Smoor’ yang artinya rebusan. Kalau disana, daging yang direbus bersama bawang dan tomat dengan waktu yang lama disebut dengan smoor. Tapi saat udah masuk ke Indonesia Smoor ini jadi lebih berkembang dan diberi tambahan bumbu lainnya. Gak hanya daging saja, semur juga bisa diganti dengan lauk lain seperti semur jengkol, terkadang dalam olahan semur juga ditambah dengan tahu dan telor rebus.

3.Kroket

Apa yang kamu ketahui dari kroket? kroket ini gak jauh beda dengan risol dimana terbuat dari daging yang diberi putih telur dan dilapisi oleh tepung panir. Nama kroket ini bukan dari Indonesia asli loh, karena kata ini diserap dari bahasa Prancis tapi merupakan akulturasi dari Belanda yaitu Croquette.

Makanan ringan yang satu ini memang bisa ditemui dimana-mana, ukurannya pun berbeda-beda tergantung siapa yang buatnya. Gak cuma pakai daging cincang aja, kroket pun bisa dicampur dengan kentang, wortel, hingga buncis yang di iris kecil-kecil.

4.Kue Cubit

Makanan yang satu ini salah satu makanan khas dari Bandung. Tapi nyatanya, kue cubit ini bukan asli Bandung loh melainkan diadaptasi dari poffertjes atau panekuk mini dari Belanda. Tak ada yang beda dari bahan dasarnya, cara buatnya pun sama. Di Belanda sendiri, poffertjes ini merupakan makana street food, sama halnya seperti di Indonesia. Seiring berjalannya waktu pun kue cubit selalu ada varian yang baru.

5.Kaasstengels

Makanan yang satu ini biasanya akan mudah ditemukan saat menjelang lebaran. Makanan yang satu ini biasanya kita sebut dengan kue keju, karea memang kasstengels ini adalah kue kering yang pernah dibawah oleh Belanda saat penjajahan. Kasstengels ini menjadi makanan ringan yang populer di Belanda.

6.Lapis Legit

Makanan selanjutnya yang merupakan akulturasi antara Indonesia dan Belanda adalah Lapis Legit. Makanan ini memang resep dari Indonesia namun terinspirasi dari mkanan Belanda, yang membedakannya dari bahan karena lapis legit terbuat dari bahan asli Indonesia. Kemunculan makanan ini ada pada masa colonial Belanda, yang dimana mereka senang dengan rempah-rempah, sehingga lapis legit ini dibuat dari Kayu manis, cengkeh dan kapulaga. Lapis legit juga memang mirip dengan rijsttafel yaitu jamuan yang biasa dihindangkan di Belanda.

MAKANAN YANG BISA MEMBANTU PERTUMBUHAN TINGGI ANAK

Tak hanya suplemen dan vitamin saja yang bisa membuat pertumbuhan dan perkembangan anak jadi lebih sehat, tapi makanan pun juga bisa membantu apalagi dengan kandungan nutrisi yang baik. Ini memang bukan hanya omongan semata saja, tapi memang benar seorang anak bisa tumbuh tinggi karena dibantu oleh nutrisi dari makanan.

Tapi, para mama diluar sana pun harus paham bahwa pertumbuhan dan perkembangan setiap anak pastinya berbeda. Faktor yang mempengaruhinya pun sangat banyak, salah satunya yaitu faktor genetik. Tak ada salahnya bila orang tua memberi nutrisi anak dengan baik agar bisa memperbaiki kondisi genetic tersebut, selain itu si kecil pun tetap bisa sehat.

Bicara soal fisik, orang tua mana sih yang gak ingin anaknya punya tubuh sempurna? Pastinya semua orang tua ingin anaknya seperti itu, karena jika udah memasuki usia 20an pertumbuhan pada anak akan berhenti terutama pada tinggi badan. Nah untuk para mama di rumah nih, ada beberapa makanan dengan nutrisi yang baik yang diklaim bisa membantu untuk meninggikan tubuh si kecil, penasaran apa saja?

Makanan yang Membantu Pertumbuhan Anak

1.Ayam

Ayam salah lauk yang paling kita sering konsumsi. Ayam sendiri memiliki kandungan vitamin B12 yang bisa membantuk agar anak bisa lebih tinggi. Belum lagi ada kandungan asam amino taurine yang dipercaya bisa membentuk pertumbuhan tulang. Ayam juga mengandung banyak protein sehingga sangat baik untuk di konsumsi.

2.Telur

Makanan lainnya yang bisa membantu untuk meninggikan badan si kecil yaitu telur. Protein yang tinggi pada telur ternyata bisa menginkatkan tinggi badan, ketimbang dengan anak lainnya yang asupan proteinnya kurang.

3.Sayuran Hijau

Selain memiliki banyak vitamin yang baik untuk pertumbuhan, ada beberapa sayuran hijau yang mangandung vitamin k yang tinggi, seperti bayam, kubis, dan sayuran berdaun hijau lainnya. Nutrisi yang terdapat pada sayuran hijau ini bisa mempengaruhi tumbuh kembang si kecil, juga bisa membantu dalam proses pembentukan tulang.

4.Kacang Almond

Walaupun kacang almond cenderung tidak ada rasanya, namun kandungannya sangat baik untuk membantu meninggikan badan. Penelitian menagatakan bahwa seorang anak yang kurang dalam konsumsi vitamin E cenderung pertumbuhannya akan kurang atau lambat. Sehingga dengan konsumsi kacang almond akan mendukung tumbuh kembang si kecil.

5.Yogurt

Yogurt ini merupakan minuman yang sehat karena terbuat dari susu yang telah di fermentasi sebelumnya. Seperti yang kita tahu, bahwa mengonsumsi susu sejak kecil akan membantu meningkatkan tinggi badan. Kemudian susu juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga bisa membantu untuk membentuk tulang yang lebih kuat. Lalu kandungan probiotik yang terdapat pada yogurt pun bisa membantu dalam proses pertumbuhan si kecil.

6.Ikan Salmon

Ikan salmon memang terbilang mahal ketimbang ikan-ikan yang lainnya, namun siapa sangka bahwa kandungan lemak omega 3 yang ada pada salmon sangat baik untuk pertumbuhan si kecil. Selain bisa membantu meninggikan badan, senyawa-senyawa yang ada pada ikan salmon juga bisa membantu dalam perkembangan otak si kecil.

7.Quinoa

Makanan selanjutnya yaitu quinoa, dimana makanan ini terdapat 9 jenis asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi, serta bisa membuat tulang lebih padat dan terhindar dari penyakit-penyakit tulang.

8.Buah-buahan

Untuk para moms yang punya anak kecil dirumah, disarankan untuk memberinya buah-buahan sejak dini ya. Nutrisi dan vitamin yang dihasilkan dari buah bisa mencukupi kebutuhan tubuh si kecil.

MENGENAL MAKANAN-MAKANAN KHAS TAIWAN YUK!

Karena dari kemairn kita selalu bahas makanan khas dari kota-kota di Indonesia, sekarang beralih dulu yuk bahas makanan dari luar negeri, salah satunya Taiwan. Mau tau apa saja makanan khasnya? Simak baik-baik ya

1.Danzai Noodle

Danzai noodle ini sering disebut sebagai makanan facorite penduduk Tainan yang autentik. Dibuat dari campuran mie, daging babi, tauge, udang, telur dan bumbu-bumbu lainnya. Kuahnya yang kuat akan bumbu menjadikan Danzai noodle ini sering dicari oleh wisatan, walaupun porsinya memang kecil tapi cukup kok untuk di perut.

2.Beef Noodle Soup

Makanan selanjutnya yaitu ada Beef Noodle Soup yang sudah menjadi makanan andalan orang-orang Taiwan. Mie yang disajikan direbut gak terlalu matang tapi gak terlalu kerasa juga. Satu porsinya kamu akan mendapatkan mi, irisan daging sapi, sayuran, dan disiram dengan kaldu daging yang nikmat. Makanan ini bisa kamu temui dimanapun, bahkan di pinggir jalan atau di restoran pun ada. Nah di Taipei sendiri selalu mengadakan Taipei Beef Noodle Festival setiap 1 September dan berlangsung hingga sebulan lebih, acara ini diselenggarakan karena kecintaannya masyarakat Taiwan dengan makanan tersebut.

3.Gua Bao

Gua Bao ini basicnya hampir mirip dengan burger, namun bedanya makanan ini merupakan roti kukus yang diisi dengan daging babi, sayuran, kacang dan bumbu-bumbu lainnya. Rotinya pun teksturnya sangat lembut hampir menyerupai Bakpao dan berwarna putih.

4.Mochi

Mochi versi Taiwan ini biasanya memiliki ukurang yang lebih kecil dibanding Mochi dari Jepang. Mochi tersebut jarang ada isinya, namun luarannya selalu di beri bubuk gula pasri, kacang, biji wijen atau campuran dari ketiganya.

5.Bubble Tea

Demam bubble tea memang sempat viral beberapa setahun yang lalu. Bahkan banyak banget muncul gerai-gerai bubble tea di Indonesia, ini karena budaya Taiwan yang selalu membuar Pearl milk tea atau minuman boba menyebar ke berbagai belahan dunia. Bubble tea basicnya merupakan minuman susu yang dicampur dengan teh lalu diberi bola yang dibuat dari tupung tapioca, sehingga lebih nikmat saat diminum.

6.Oyster Omelette

Seperti yang kita tahu bahwa omelette terbuat dari telur. Sama halnya dengan oyster omelette ini, dimana omelettena dibuat dari campuran tiram, sayur, telur dan diberi tepung tapioca. Rasanya yang lembut akan terasa lumer di mulut dan teksturnya sedikit agak lengket. Kamu pun bisa kombinasikan dengan sambal tau saus yang manis.

7.Tie Dan

Makanan selanjutnya dibuat dari bahan dasar telur yang disajikan dalam kuah kecap. Dalam proses pembuatannya yaitu dengan cara mengangin-anginkan telur hingga telur menjadi lebih kenyal dan warnanya lebih gelap. Makanan ini terinspirasi karena dahulu ada pejual telur yang sedang lesu saat meladangi.

8.Little Sausage in Big Sausage

Sama seperti namanya, dimana sosis kecil berada di atas sosis besar. Sosis besar ini berupa ketan, sedangkan sosi yang kecil merupakan sosis babi. Bentuknya seperti hotdog, jadi sosis yang besar dibelar kemudian diberi isis dengan sosis yang kecil, lalu diberi bumbu. Kamu pun bisa mencicipinya dengan menggunakan kecap manis atau kalau mau yang lebih pedas bisa memaka wasabi.

9.Pig’s Blood Cake

Makanan khas Taiwan yang terakhir ini dibuat ketan yang direbus dengan darah babi. Hasil dari ketan ini akan seperti es potong dengan bentuk kotak. Sebelum semuanya disajikan, makanan ini harus dicelupkan terlebih dahulu ke dalam kadlu babi, lalu diangkat kemudian dibaluri dengan bubuk kacang.

DERETAN MAKANAN KHAS BALI (part 2)

1.Nasi Tepeng

Tau nasi rames atau nasi campur? Nah nasi tepeng ini hampir sama seperti itu hanya saja yang jadi pembedanya yaitu dari lauknya. Nasi tepeng ini merupakan salah satu makanan khas Bali dari daerah Gianyar. Biasanya nasi tepeng ini berisikan sayuran yang lebih mengandung serta seperti kacang merah, nangka muda, kelapa parut.

Tapi yang bikin lebih uniknya lagi yaitu rasa nasinya gak seperti biasanya karena udah di masak terlebih dahulu dengan bumbu-bumbu dan diberi santan sehingga rasanya akan jauh lebih gurih. Tambahkan sambal untuk rasa yang lebih lezat.

2.Rujak Bulung Kuah Pindang

Ketika kamu membeli ini rujak yang satu ini, sudah pasti kamu gak akan nemuin yang namanya buah, kok bisa? Kan itu rujak? Nah rujak yang satu ini dibuat dari rumpul laut dan disiram kuah pindah, tetapi ada topping lain seperti kelapa parut. Karena rumput lain memiliki serta yang tinggi, pastinya akan banyak manfaatnya untuk tubuh.

Satu porsinya cuam seharga Rp 15.000 aja, murah banget kan?

3.Sambal Matah

Buat yang belum tahu, sambel matah ini merupakan salah satu sambel yang berasal dari Bali. Berbeda dengan sambel yang lain, dimana sambel ini sama sekali gak diulek atau dihaluskan. Sambel matah ini berisikan bawang merah yang di rajang tipis-tipis, cabe rawit yang sudah dirajang, sereh, daun jeruk, garem, gula dan perasan jeruk. Semunya benar-benar hanya di rajang saja, setelah itu di banjur dengan minyak panas. Perpaduan pedas dan segar akan menyatu di mulut.

4.Nasi Campur Bali

Pulau Jawa punya nasi rames, kalau bali? tentunya mereka pun punya namanya nasi campur. Nasi campur ini memang gak jauh beda dengan nasi rames biasanya, biasanya satu porsi akan terdiri dari beberapa sayur dan lauk. Jika kamu ke Bali pastinya akan nemu banyak penjual nasi campur ini. Jangan khawatir kalau nasi campur ini cocok dimakan jam berapapun apalagi kalau lagi laper.

5.Jukut Urab

Jukut urab ini memang gak jauh beda dengan urap sayur yang mungkin biasa kamu makan dengan menggunakan nasi kuning. Satu porsinya kamu akan menemukan bayam, tauge, wortel, kacang panjang dan diberi bumbu. Tapi ada satu hal ini yang membedakan jukut urab dngan urap sayur biasanya, dimana jukut urab selalu diberi perasan jeruk nipis.

Nah rasa jukut urab juga biasanya lebih pedas karena memang cabai yang dipakenya banyak. Cara pengolahannya juga gak jauh beda kok, nah jukut urab ini bisa di makan dengan nasi atau lontong

6.Bubur Mangguh

Dalam satu porsi bubur mangguh ini selalu ada tambahan urap yang bisa membuat bubur lebih gurih karena terdapat sayur dan juga ayam suwir. Selain nikmat, rasa dari bubur ini juga sangat kuat karena diberi bumbu-bumbu. Untuk bisa mencicipi bubur mangguh ini, kamu bisa datang ke restoran di daerah Buleleng atau di Denpasar.

7.Sate Penyu

Dengar kata penyu, pasti kamu akan mengira bahwa sate ini dibuat dari daring penyu ya? eh jangan salah dulu guys, disebut penyu bukan berati pakai daging penyu yaaa, melainkan pakai daging babi, karena memang ada sejarahnya makanya diberi nama sate penyu. Walaupun bumbunya sangat simple yaitu hanya cabai dan garam tapi jangan salah setiap datang kesini pasti rame banget oleh pengunjung.

Daung yang sangat empuh akan bersatu dengan rasa yang gurih akan terasa lebih sempurna di mulut. Satu porsinya pun gak sampai 10.000 kok, dinikmati dengan ketupat juga lebih enak.  

Kira-kira kamu ingin tau makanan khas daerah mana lagi guys? Kalau ke Bali jangan lupa cobain ya!

DERETAN MAKANAN KHAS BALI

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Seperti yang sudah kalian tahu, bahwa negara kita ini memiliki ratusan budaya dengan adat yang berbeda, bahasa hingga kulinernya pun memiliki khasnya masing-masing. Makanya kalau lagi pergi keluar kota, pastinya harus banget mencicipi berbagai menu daerahnya masing-masing.

Salah satu contohnya yaitu Bali, Bali merupakan salah satu daerah yang masih kental dengan budayanya, begitupun dengan makanannya juga. Nah kita punya rekomendasi makanan khas Bali yang harus kalian coba, selain rasanya sangat kuat, mungkin sensasinya akan lebih beda bila makan langsung di daerahnya. Berikut ini deretan makanan khas bali yang bisa kamu cobain

1.Sate Lilit

Bali sangat identik dengan sate lilitnya yang berbeda dengan sate lainnya. Yang membedakannya yaitu cara pembuatannya dimana sate lilit ini dibuat dengan melilitkan adonan daging yang sudah digiling ke dalam tusuk. Jika kamu membeli sate lilit pun, pastinya kamu ga akan diberi bumbu kacang pada biasanya, karena bumbu sudah dicampur dengan adonan sebelum dibakar.

Daging yang digunakan pun bukan sapi, tapi ikan tuna namun kebanyakan memakai ayam. Rasa yang dihasilkan sudah pasti enak, pedas manis yang tercampur ditambah lagi dengan aroma serai, dijamin deh sate ini bakal cocok dilidah siapapun.

2.Nasi Jinggo

Nasi jinggo ini menyerupai nasi kucing. Porsinya pun terbilang cukup sama yaitu hanya sekitar satu kepalan tangan orang dewasa. Yang membedakannya dengan nasi kucing adalah isiannya, isi dari nasi jinggo ini terdapat mie goreng, ayam suwir, tempe goreng dan pastinya tambahan sambal yang super nikmat. Untuk kamu yang makannya banyak, sepertinya satu porsi nasi jinggo ini ga bakalan cukup deh. Kamu bisa temui nasi jinggo ini di warung pinggie jalan sekitaran Kuta, Denpasar, dan Ubud.

3.Bebek Betutu

Bebek betutu ini sangat identik dengan bali, jika kamu mencicipinya udah pasti deh rasa rempahnya akan sangat terasa. Karena memang biasanya untuk membuat bebek betutu ini harus dibiarkan direndam semalaman dengan bumbu. Setelah itu bebek dikukus agar teksturnya lebih empuk, kemudian bebek tetap haris dipanggang agar menjadi lebih kering dan lebih enak untuk di konsumsi. Hidangan ini sanagt cocok ditemani oleh nasi dan sambal matah.

4.Babi Guling

Babi guling merupakan olahan makanan yang dibuat dari daging anak babi. Sebelumnya perut babi harus diisi dengan sayur seperti ketela pohon, setelah itu cara buatnya dengan di panggang sambil digulingkan. Tentunya makanan ini sudah di bumbui terlebih dahulu ya guys, jika warna daging babi sudah menjadi coklat tandanya hidangan tersebut sudah siap disantap. Masyarakat Bali memang sering menyediakan hidangan ini saat ada upacara adat atau menjamu tamu, karena pada dasarnya mayoritas masyarakatnya beragama hindu. Jadi untuk kamu yang muslim, lebih baik hindari makanan ini ya.

5.Sate Plecing

Sate yang satu ini pastinya memiliki rasa yang berbeda dengan sate biasanya. Bumbu yang digunakan untuk sate plecing ini yaitu tomat, cabai, air jeruk nipis, garam dan terasi. Rasa yang akan dihasilkan pun sudah pasti pedas dan gurih. Karena disini terdapat daging babi, tapi untuk kamu yang muslim bisa pakai alternative lain dengan daging ayam atau sapi.

Jika sate lain menggunakan bumbu kacang, sate plecing ini hanya dihidangkan dengan sambal plecing dengan 2 jenis yaitu pecing pedas dan plecing mani.

Jika kamu penasaran dengan makanan-makanan diatas, silahkan dicoba ya guys kalau ke Bali. Tapi tentunya kita harus hati-hati memilih makanannya, karena di Bali termasuk banyak makanan yang non halal.

MAKANAN KHAS SINGAPORE! WAJIB COBA

Daftar Makanan Khas Ala Singapore

1.Kari Kepala Ikan

Makanan yang satu ini juga mungkin udah gak asing saat kita mengujungi rumah makan padang di Indonesia. Pasalanya kari kepala ikan ini sama-sama dibuat dari kepala ikan kakap merah yang diberi kuah kari yang pedas. Biasanya hidangan ini harus ditemani oleh nasi atau isa juga dengan roti mantao.

2.Chili Crab

Makanan khas Singapore selanjutnya adalah Chili Crab atau kepiting saus Singapore. Chili crab ini bisa kamu temui ri restaurant-restaurant yang tersebar di Spore dan rasanya gak usah diragukan. Soal rasa dijamin enak karenakepiting disini sudah lebih lunak dan diberi bumbu hingga meresap ke dalam. Untuk kamu yang lagi diet saat sedang liburan, mending tinggali dulu deh, kapan lagi coba nyobain makanan enak seperti itu.

3.Kaya Toast

Beralih dulu ke makanan ringan, selain roti canai kamu bisa mencicipi Kaya toast ini. Kaya toast sebenernya roti bakar yang sebelumnya di lesi mentega dan diberi tambahan selai kelapa. Hindangan ini sangat cocok kamu nikmati saat sore hari dengan teh atau kopi. Ada juga yang lebih suka bila kaya toast ini disajikan dengan telur yang direbus setengah matang, lalu diberi lada diatasnya.

4.Fried Carrot Cake

Untuk yang menebak makanan ini dari wortel salah banget guys. Pasalnya makanan ini berbahan dari lobak putih. Makanan ini terdapat 2 macam yang berbeda yaitu fried carrot cake hitam yang diberi saus hitam caramel dan fried carrot cake putih yang diberi telur yang telah digoreng kering. Penasaran rasanya? Jangan lupa cobain ya kalau liburan ke Singapore.

5.Roti Prata

Makanan ringan lainnya yang cukup terkenal di Singapore yaitu roti prata. Sebenernya makanan ini khas dari India, namun banyak sekali yang jual di pinggiran jalan. Umunya roti ini berukuran tipis dan digoreng, untuk menikmatinya kamu bisa memakai suas keju, coklat pisang dan saus kari pedas.

6.Bubur Kodok

Untuk kamu yang muslim lebih baik jangan cobain ini ya karena ini non halal. Bubur ini biasanya dihindangkan bersama wine. Sama seperti namanya, kamu akan memakan kaki kodok, iya benar kaki kodok! Sebelumnya kaki kodok ini sudah di goreng terlebih dahulu lalu dicampur dengan ayam dan minyak wijen.

7.Bak Kut Teh

Makanan yang satu ini juga non halal ya guys! Makanan ini terbuat dari iga babi dengan kaldu yang sudah tercampur oleh bumbu rempah-rempah. Nasi dan mie biasanya jadi pendamping Bak Kut The, kamu pun bisa menambah sayuran ataupun kembang tahun.

8.Popiah

Popiah merupakan lumpia asal Singapura yang dibuat dari buncis dan daging cincang. Hidangan ini biasanya dibuat saat ada tamu yang datang di rumah, bisa juga dijadikan makanan ringan saat bersantai.

9.Vadai

Untuk yang belum tau, masyarakat Singapore ini biasanya kebanyakan turunan dari Tiongkok dan India. Makanya gak heran jika makanan-makanan mereka banyak dan terinspirasi dari warga-warganya. Seperti vadai ini, vadai merupakan makanan ringan yang dibuat dari kacang tanah yang diberi bawang bombay. Selain itu hidangan ini pun biasanya menggunakan cabai, daun kari dan mustard. Cara menyantapnya dengan cara dimakan bersama sambal kelapa dan diberi kaldu asam.

10.Char Kway Teow

Sudah pernah mencoba kwetiau yang biasanya dijual di pinggir jalan dan di restoran di Indonesia ? nah Car Kway Teow ini hampir sama seperti itu, tapi yang membuat bedanya yaitu makanan ini disajikan pada wajan yang panas. Isinya pun standar seperti biasa, ada telur, tauge, udang dan diberi kecap.