DERETAN ANEKA JAJANAN PASAR YANG PALING POPULER

Indonesia memiliki banyak sekali aneka macam makanana, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Makanan yang masih eksis hingga sekarang dan banyak digemari oleh orang-orang yaitu ada jajanan pasar. Apasih maksudnya jajanan pasar? Jajanan pasar ini bukan berati hanya dijual di pasar tradisional ya guys, tapi memang disetiap pasar selalu ada yang menjual. Tapi jajanan pasar ini bisa kita cari dimanapun, bahkan seperti disetiap kota di Indonesia yang menjualnya.

Jajanan pasar ini sering kali disebut juga sebagai kue basah, yang dimana kebanyakan dari kue ini tidak akan bertahan lama, dikarenakan tekstrunya yang lumayan agak basah sehingga makanan yang sudah dibuat harus cepat di konsumsi hari itu juga. Dari jajanan pasar dibawah ini, mana yang menjadi favorite kamu?

1.Onde-onde

Siapa sih yang gak suka dengan jajanan yang satu ini? onde-onde merupakan jajanan pasar yang sangat populer di Indonesia. Kue basah ini berbentuk bulat dengan ukuran yang variasi yang diberi taburan wijen. Isi dari onde-onde sendiri merupakan kacang hijau yang sudah dibuat pasta terlebih dahulu. Namun seiring berjalannya waktu, banyak penjual onde-onde yang lebih berinovatif dalam mengembangkan makanannya.

2.Klepon

Jajanan pasar yang satu ini pernah viral beberapa waktu belakangan ini. Bentuk dari klepon memang hampir menyerupai dengan onde-onde, yang membedakannya adalah bahan yang dibuat, warna dengan isian dari klepon tersebut. Klepon ini terbuat dari tepung beras, ukurannya pun cenderung tidak terlalu besar. pembuatan klepon pun tidak digoreng, melainkan direbus. Isian dari makanan yang satu ini  berupa gula merah yang dimana saat kita mengigit klepon tersebut akan terasa pecah didalam mulut sehingga gula merah pun akan lumer. Setelah klepon selesai di rebus, bagian atasnya pun diberi taburan kelapa sehingga akan menciptakan rasa yang lebih gurih.

3. Kue Cucur

Jajanan pasar selanjutnya yaitu ada kue cucur yang dibuat dari tepung terigu dan dicampur dengan gula aren, makanya tak heran bisa tampilan klepon ini berwarna sedikit agak coklat. Karena kue ini prosesnya melalui penggorengan, gak salah apabila terkadang kue cucur menghasilkan minyak yang lumayan banyak. Kue ini dibentuk seperti ukuran surabi yang menyeupai bunga lotus dan bagian pinggir dari kue cucur ini biasanya banyak disenangi oleh orang-orang karena tektsturnya yang kering dan tipis.

4.Cenil

Cenil juga merupakan makanan yang paling menjadi favorite semua orang. Karena rasanya yang unik  namun enak saat dimakan. Cenil ini cenderung tidak memiliki rasa pada saat dimakan karena hanya terbuat dari tepung kanji yang diberi pewarna makanan agar tampilan lebih menarik. Penyajiannya pun diberi kelapa parut di atasnyaa. Cenil ini harus di konsumsi dengan gula agar rasanya semakin nikmat, karena kalau tanpa gula kamu tak akan merasakan rasa apapun.

5.Pastel

Pastel merupakan makanan basah namun tekstursnya agak kering. Pastel ini buat dengan cara digoreng dan memiliki isian yang berbeda, terkadang diisi abon, tapi yang lebih banyak yaitu isian wortel, kentang, bihun dan buncis. Pastel juga biasanya sering dijadikan snack untuk bingkisan atau jamuan tamu. Tapi biasanya pastel ini ada yang enak ada yang kurang enak, dapat dinilainya darimana? Dari terigu yang menutupi si pastel tersebut karena ada yang gurih ada juga yang tidak berasa.

DERETAN ANEKA JAJANAN PASAR YANG PALING POPULER (part 2)

1.Nagasari

Memang hampir semua jajanan pasar terbuat dari berbagai macam tepung, salah satunya yaitu nagasari. Nagasari juga menjadi jajanan pasar yang sangat digemari oleh banyak orang. Makanan ini dibuat dari campuran tepung beras dengan santan. Adonan ini saja sudah sangat gurih, namun nagasari ini gak pas rasanya kalau tidak ditambahkan pisang pada bagian tengahnya. Teksturnya yang lembut membuat rasa dari nagasari ini semakin enak.

2.Lupis

Berbeda dengan kue basah lainnya, lupis ini dibuat dari bahan dasar ketan yang dibentuk segitia dengan taburan kepala parut diatasnya. Kue lupis ini berasal dari daerah Jawa tengah, teksturnya hampir sama seperti lontong. Lupis ini cocok banget dimakan ketika sore hari atapun dijadikan sarapan pagi. Lupis ini identik dengan saus gula merah yang disiram di atasnya.

3.Lemper

Kue basah selanjutnya ini ada lemper yang cederung bsia dijadikan sebagai makanan berat. Lemper ini berbahan dasar dari beras ketan, tak heran jika memakan satu atau dua buah lemper bisa mengganjal perut saat sedang lapar. Isian dari lemper ini biasanya menggunakan daging ayam cincang atau kadang juga menggunakan abon . lemper menjadi makanan yang sering digunakan menjadi pilihan untuk makanan snack box. Ada pula sajian lemper yang dibakar sehingga rasa yang dihasilkan pun jauh lebih gurih ditambah dengan aroma daun pisang yang terbakar.

4.Gemblong

Untuk kamu yang suka dengan makanan manis, gemblong ini bakalan jadi favorite kamu. Gemblong terbuat dari tepung beras yang dibentuk oval ataupun bulat. Tak hanya tepung beras saja, gemblong ini pun menggunakan campuran tepung kanji dan santan. Tekstur yang cenderung keras menjadi salah satu hal unik dari makanan ini, namun saat kamu gigit dalamnya tetap lembut. Bagian permukaan luar yang keras ini dikarenakan penggunaan gula merah sehingga membuatnya jadi mengeras. Makanan ini pun mudah untuk didapatkan, karena jika ada penjual yang menjual kue basah pastinya selalu ada gemblong.

5.Putu Ayu

Putu ayu merupakan salah satu kue basah yang gak gampang basi dan bisa cenderung kurang lebih sampai 3 hari. Warna dan bentuk dari putu ayu yang menggemaskan, membuat makanan ini menjadi favoritenya orang-orang. Putu ayu ini rasa dan teksturnya tak jauh berbeda dengan kue bolu biasanya, namun yang membedakan, putu ayu ini berasa aroma pandan. Beda dari bolu, jajanan pasar ini dibuat dengan bahan dasar tepung ketan dengan tepung beras. Lalu bagian dari atas makanan ini diberi parutan kelapa yang lembut dan sudah tercetak saat proses pembuatannya. Rasa yang dihasilkan dari putu ayu ini yaitu rasa yang gurih dan cenderung kurang manis.

6.Kue Lapis

Sesuai dengan namanya, kue ini memang dibuat secara berlapis-lapis yang terdiri dari 2 warna yang berbeda antara hijau muda dan hijau tua. Makanan ini terbuat dari campuran tepung kanji, santan, tepus beras dan perwarna makanan. Tekstur yang kenyal membuatnya menjadi lebih unik dengan jajanan kue lainnya. Pembuatannya tidak begitu rumit, tapi memang membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus menunggu setiap layernya mengeras untuk menambah layer diatasnya.

7.Jentik Manis

Lalu makanan terakhir yang disukai oleh banyak orang yaitu jentik manis. Kue basah ini dibuat dengan campuran santan dengan mutiata pacar. Makanan ini umumnya menggunakan plastic, sehinga bisa berbentuk agak mengeras namun teksturnya seperti agar-agar. Rasanya pun cenderung manis dan pastinya lembut. Mungkin buat kamu yang merasakan makanan ini akan terkesan seperti aneh, tapi enak banget apalagi percampuran antara manis dan gurihnya santan.

DERETAN MAKANAN KHAS PALEMBANG

Salah satu icon dari kota Palembang yaitu Jembatan Ampera yang sangat megah. Tak hanya itu, kebanyakan orang hanya tau mkanan khas Palembang itu hanya pempek saja. Padahal banyak sekali makanan yang bisa kamu cobain dan tentunya rasanya pun sangat nikmat. Makanan-makanan tersebut pun ada yang berasal dari alkuturasi dari berbagai macam daerah yang menghasilkan berbagai macam masakan. Jangan lupa untuk cobain makanan ini ya bila berkunjung ke Palembang!

Daftar Makanan Khas Palembang

1.Pempek

Gak usah jauh jauh ke Palembang, sebenernya di beberapa derah di Indonesia banyak yang menjual pempek. Tapi memang, pempek asli Palembang dan yang bukan itu memiliki rasa yang berbeda. Rasa yang diciptakan dari pempek Palembang memang memiliki cita rasa yang kuat, ditambah memang ikannya juga sangat terasa tapi gak bau amis. C

Kuahnya disebut dengan cuko, sangat segar saat di santap. Di Palembang sendiri sudah banyak yang jual pempek tentunya dengan rasa yang berbeda-beda. Satu porsi dari pempek ini terdiri dari pempek kapal selam, pempek lonjor, pempek isi telor dan jenis pempek lainnya. Selain itu satu porsinya biasanya diberi potongan mentimun dan ada yang diberi mie atau bihun.

2.Tekwan

Jika kamu belum tahu, tekwan adalah makanan khas Palembang dan mungkin kamu berpikir bahwa tekwan adalah makanan dari luar negeri. Makanan ini dibuat dari bakso ikan, soun dan disiram dengan kuah bening yang dibuat dari kaldu. Yang uniknya dari bakso ini pun bukan dibuat bulat-bulat seperti biasanya, tapi bentukannya lebih seperti tetelan daging dan rasanya yang segar dan gurih bakal bikin kamu ketagihan. Toping lainnya yang biasa ada di dalam satu porsi tekwan biasanya ada bengkoang dan jamur kuping yang sudah di iris tipis-tipis.

3.Celimpungan

Bila kamu melihat gambarnya atau pernah mencicipi secara langsung sekilas memang mirip lontong kari. Namun sebenarnya makanan ini dibuat dari ikan yang disampur dengna tempung sagu. Adonan ini dibuat tidak beraturan melebihi ukuran tekwan dan diberi kuah kari yang sangat kental. Harga satu porsi makanan ini pun biasa dijual seharga Rp 10.000.

4.Laksan

Makanan khas Palembang lainnya yaitu ada Laksan yang gak kalah enak dengan pempek. Buat yang udah pernah cobain pasti memang gak terlalu jauh bedanya, namun yang uniknya dari laksan ini diberi kuah layaknya lontong sayur. Kuah kuning kental ini diberi santan sehingga menciptakan rasa yang gurih. Laksan pun kerap disebut makanan berat karena memang sering dijadikan untuk mengisi perut.

5.Lakso

Makanan selanjutnya yaitu ada lakso yang hanya bisa ditemukan di Palembang. Lakso itu pada dasarnya seperti mie udon yang dibentuk lebih tebal dan terbuat tepung baeras dan sagu. Sajian lakso itu bukan berupa mie saja, tapi diberi dengan kuah santan campuran kadlu yang berwarna putih agak ke kuning-kuningan keruh. Lakso juga biasanya disajikan dengan menggunakan tambahan ikan gabus.

6.Malbi

Saat melihat penampilannya, kamu bakalan berpikir ini adalah semur. Padahal nyatanya memang bukan semur tapi menyerupai semur. Malbi ini terbuat dari daging sapi yang diberi bumbu dengan rempah-rempah asli sehingga akan menghasilkan rasa yang sangat kuat. Rempah rempah yang digunakan itu ditumis dengan daging dan dibuat menjadi agak kering. Karena rasanya yang gak kalah enak dengan semur, Malbi ini sangat cocok dimakan bersama lontong ataupun ketupat, yang mau paki nasi juga cocok kok. Hidangan ini biasanya ada saat perayaan hari raya seperti Idul adha.

MAKANAN INDONESIA INI SEBENERNYA BUKAN MURNI DARI INDONESIA LOH

Indonesia telah di jajah oleh 5 negara selama beratus-ratis tahun, salah satunya oleh Belanda. Nah Belanda ini menjadi negara terlama yang menjajah Indonesia yakni hingga 350 tahun. Tak heran jika beberapa buda Indonesia telah mengalami akulturasi dengan negara Belanda, ya kalian bisa bayangkan aja selama 350 tahun mereka berusaha untuk menguasai negara kita. Sebenernya banyak sekali akulturasi mulai dari budaya, bahasa hingga yang pealing mencoloknya adalah kuliner.

Mungkin kamu bakalan kaget kalau tau makanan-makanan dibawah ini ternyata bukan asli dari Indonesia, tapi merupakan hasil akulturasi dari Belanda. Kira-kira makanan apa aja?

1.Perkedel

Makanan yang pertama ini merupakan versi makanan dari Belanda yang disebut dengan frikadeller yaitu gorengan yang dibuat dari kentang yang dicampur dengan daging. Frikadeller ini awalnya diadaptasi dari Denmark, namun lebih terkenal di Belanda. Tapi sebenernya kamu tau gak kepanjangan dari perkedel itu apa? Perkedel merupakan persatuan kentang dengan telor, memang mirip tapi masuk di akal sih.

2.Semur

Mungkin kamu akan berpikir bahwa semur ini makanan dari daerah Jawa ya? siapa yang sangka ternyata semur merupakan kata serapan dari Belanda yaitu ‘Smoor’ yang artinya rebusan. Kalau disana, daging yang direbus bersama bawang dan tomat dengan waktu yang lama disebut dengan smoor. Tapi saat udah masuk ke Indonesia Smoor ini jadi lebih berkembang dan diberi tambahan bumbu lainnya. Gak hanya daging saja, semur juga bisa diganti dengan lauk lain seperti semur jengkol, terkadang dalam olahan semur juga ditambah dengan tahu dan telor rebus.

3.Kroket

Apa yang kamu ketahui dari kroket? kroket ini gak jauh beda dengan risol dimana terbuat dari daging yang diberi putih telur dan dilapisi oleh tepung panir. Nama kroket ini bukan dari Indonesia asli loh, karena kata ini diserap dari bahasa Prancis tapi merupakan akulturasi dari Belanda yaitu Croquette.

Makanan ringan yang satu ini memang bisa ditemui dimana-mana, ukurannya pun berbeda-beda tergantung siapa yang buatnya. Gak cuma pakai daging cincang aja, kroket pun bisa dicampur dengan kentang, wortel, hingga buncis yang di iris kecil-kecil.

4.Kue Cubit

Makanan yang satu ini salah satu makanan khas dari Bandung. Tapi nyatanya, kue cubit ini bukan asli Bandung loh melainkan diadaptasi dari poffertjes atau panekuk mini dari Belanda. Tak ada yang beda dari bahan dasarnya, cara buatnya pun sama. Di Belanda sendiri, poffertjes ini merupakan makana street food, sama halnya seperti di Indonesia. Seiring berjalannya waktu pun kue cubit selalu ada varian yang baru.

5.Kaasstengels

Makanan yang satu ini biasanya akan mudah ditemukan saat menjelang lebaran. Makanan yang satu ini biasanya kita sebut dengan kue keju, karea memang kasstengels ini adalah kue kering yang pernah dibawah oleh Belanda saat penjajahan. Kasstengels ini menjadi makanan ringan yang populer di Belanda.

6.Lapis Legit

Makanan selanjutnya yang merupakan akulturasi antara Indonesia dan Belanda adalah Lapis Legit. Makanan ini memang resep dari Indonesia namun terinspirasi dari mkanan Belanda, yang membedakannya dari bahan karena lapis legit terbuat dari bahan asli Indonesia. Kemunculan makanan ini ada pada masa colonial Belanda, yang dimana mereka senang dengan rempah-rempah, sehingga lapis legit ini dibuat dari Kayu manis, cengkeh dan kapulaga. Lapis legit juga memang mirip dengan rijsttafel yaitu jamuan yang biasa dihindangkan di Belanda.

MAKANAN YANG BISA MEMBANTU PERTUMBUHAN TINGGI ANAK

Tak hanya suplemen dan vitamin saja yang bisa membuat pertumbuhan dan perkembangan anak jadi lebih sehat, tapi makanan pun juga bisa membantu apalagi dengan kandungan nutrisi yang baik. Ini memang bukan hanya omongan semata saja, tapi memang benar seorang anak bisa tumbuh tinggi karena dibantu oleh nutrisi dari makanan.

Tapi, para mama diluar sana pun harus paham bahwa pertumbuhan dan perkembangan setiap anak pastinya berbeda. Faktor yang mempengaruhinya pun sangat banyak, salah satunya yaitu faktor genetik. Tak ada salahnya bila orang tua memberi nutrisi anak dengan baik agar bisa memperbaiki kondisi genetic tersebut, selain itu si kecil pun tetap bisa sehat.

Bicara soal fisik, orang tua mana sih yang gak ingin anaknya punya tubuh sempurna? Pastinya semua orang tua ingin anaknya seperti itu, karena jika udah memasuki usia 20an pertumbuhan pada anak akan berhenti terutama pada tinggi badan. Nah untuk para mama di rumah nih, ada beberapa makanan dengan nutrisi yang baik yang diklaim bisa membantu untuk meninggikan tubuh si kecil, penasaran apa saja?

Makanan yang Membantu Pertumbuhan Anak

1.Ayam

Ayam salah lauk yang paling kita sering konsumsi. Ayam sendiri memiliki kandungan vitamin B12 yang bisa membantuk agar anak bisa lebih tinggi. Belum lagi ada kandungan asam amino taurine yang dipercaya bisa membentuk pertumbuhan tulang. Ayam juga mengandung banyak protein sehingga sangat baik untuk di konsumsi.

2.Telur

Makanan lainnya yang bisa membantu untuk meninggikan badan si kecil yaitu telur. Protein yang tinggi pada telur ternyata bisa menginkatkan tinggi badan, ketimbang dengan anak lainnya yang asupan proteinnya kurang.

3.Sayuran Hijau

Selain memiliki banyak vitamin yang baik untuk pertumbuhan, ada beberapa sayuran hijau yang mangandung vitamin k yang tinggi, seperti bayam, kubis, dan sayuran berdaun hijau lainnya. Nutrisi yang terdapat pada sayuran hijau ini bisa mempengaruhi tumbuh kembang si kecil, juga bisa membantu dalam proses pembentukan tulang.

4.Kacang Almond

Walaupun kacang almond cenderung tidak ada rasanya, namun kandungannya sangat baik untuk membantu meninggikan badan. Penelitian menagatakan bahwa seorang anak yang kurang dalam konsumsi vitamin E cenderung pertumbuhannya akan kurang atau lambat. Sehingga dengan konsumsi kacang almond akan mendukung tumbuh kembang si kecil.

5.Yogurt

Yogurt ini merupakan minuman yang sehat karena terbuat dari susu yang telah di fermentasi sebelumnya. Seperti yang kita tahu, bahwa mengonsumsi susu sejak kecil akan membantu meningkatkan tinggi badan. Kemudian susu juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga bisa membantu untuk membentuk tulang yang lebih kuat. Lalu kandungan probiotik yang terdapat pada yogurt pun bisa membantu dalam proses pertumbuhan si kecil.

6.Ikan Salmon

Ikan salmon memang terbilang mahal ketimbang ikan-ikan yang lainnya, namun siapa sangka bahwa kandungan lemak omega 3 yang ada pada salmon sangat baik untuk pertumbuhan si kecil. Selain bisa membantu meninggikan badan, senyawa-senyawa yang ada pada ikan salmon juga bisa membantu dalam perkembangan otak si kecil.

7.Quinoa

Makanan selanjutnya yaitu quinoa, dimana makanan ini terdapat 9 jenis asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi, serta bisa membuat tulang lebih padat dan terhindar dari penyakit-penyakit tulang.

8.Buah-buahan

Untuk para moms yang punya anak kecil dirumah, disarankan untuk memberinya buah-buahan sejak dini ya. Nutrisi dan vitamin yang dihasilkan dari buah bisa mencukupi kebutuhan tubuh si kecil.