DERETAN MAKANAN KHAS BALI (part 2)

1.Nasi Tepeng

Tau nasi rames atau nasi campur? Nah nasi tepeng ini hampir sama seperti itu hanya saja yang jadi pembedanya yaitu dari lauknya. Nasi tepeng ini merupakan salah satu makanan khas Bali dari daerah Gianyar. Biasanya nasi tepeng ini berisikan sayuran yang lebih mengandung serta seperti kacang merah, nangka muda, kelapa parut.

Tapi yang bikin lebih uniknya lagi yaitu rasa nasinya gak seperti biasanya karena udah di masak terlebih dahulu dengan bumbu-bumbu dan diberi santan sehingga rasanya akan jauh lebih gurih. Tambahkan sambal untuk rasa yang lebih lezat.

2.Rujak Bulung Kuah Pindang

Ketika kamu membeli ini rujak yang satu ini, sudah pasti kamu gak akan nemuin yang namanya buah, kok bisa? Kan itu rujak? Nah rujak yang satu ini dibuat dari rumpul laut dan disiram kuah pindah, tetapi ada topping lain seperti kelapa parut. Karena rumput lain memiliki serta yang tinggi, pastinya akan banyak manfaatnya untuk tubuh.

Satu porsinya cuam seharga Rp 15.000 aja, murah banget kan?

3.Sambal Matah

Buat yang belum tahu, sambel matah ini merupakan salah satu sambel yang berasal dari Bali. Berbeda dengan sambel yang lain, dimana sambel ini sama sekali gak diulek atau dihaluskan. Sambel matah ini berisikan bawang merah yang di rajang tipis-tipis, cabe rawit yang sudah dirajang, sereh, daun jeruk, garem, gula dan perasan jeruk. Semunya benar-benar hanya di rajang saja, setelah itu di banjur dengan minyak panas. Perpaduan pedas dan segar akan menyatu di mulut.

4.Nasi Campur Bali

Pulau Jawa punya nasi rames, kalau bali? tentunya mereka pun punya namanya nasi campur. Nasi campur ini memang gak jauh beda dengan nasi rames biasanya, biasanya satu porsi akan terdiri dari beberapa sayur dan lauk. Jika kamu ke Bali pastinya akan nemu banyak penjual nasi campur ini. Jangan khawatir kalau nasi campur ini cocok dimakan jam berapapun apalagi kalau lagi laper.

5.Jukut Urab

Jukut urab ini memang gak jauh beda dengan urap sayur yang mungkin biasa kamu makan dengan menggunakan nasi kuning. Satu porsinya kamu akan menemukan bayam, tauge, wortel, kacang panjang dan diberi bumbu. Tapi ada satu hal ini yang membedakan jukut urab dngan urap sayur biasanya, dimana jukut urab selalu diberi perasan jeruk nipis.

Nah rasa jukut urab juga biasanya lebih pedas karena memang cabai yang dipakenya banyak. Cara pengolahannya juga gak jauh beda kok, nah jukut urab ini bisa di makan dengan nasi atau lontong

6.Bubur Mangguh

Dalam satu porsi bubur mangguh ini selalu ada tambahan urap yang bisa membuat bubur lebih gurih karena terdapat sayur dan juga ayam suwir. Selain nikmat, rasa dari bubur ini juga sangat kuat karena diberi bumbu-bumbu. Untuk bisa mencicipi bubur mangguh ini, kamu bisa datang ke restoran di daerah Buleleng atau di Denpasar.

7.Sate Penyu

Dengar kata penyu, pasti kamu akan mengira bahwa sate ini dibuat dari daring penyu ya? eh jangan salah dulu guys, disebut penyu bukan berati pakai daging penyu yaaa, melainkan pakai daging babi, karena memang ada sejarahnya makanya diberi nama sate penyu. Walaupun bumbunya sangat simple yaitu hanya cabai dan garam tapi jangan salah setiap datang kesini pasti rame banget oleh pengunjung.

Daung yang sangat empuh akan bersatu dengan rasa yang gurih akan terasa lebih sempurna di mulut. Satu porsinya pun gak sampai 10.000 kok, dinikmati dengan ketupat juga lebih enak.  

Kira-kira kamu ingin tau makanan khas daerah mana lagi guys? Kalau ke Bali jangan lupa cobain ya!

DERETAN MAKANAN KHAS BALI

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Seperti yang sudah kalian tahu, bahwa negara kita ini memiliki ratusan budaya dengan adat yang berbeda, bahasa hingga kulinernya pun memiliki khasnya masing-masing. Makanya kalau lagi pergi keluar kota, pastinya harus banget mencicipi berbagai menu daerahnya masing-masing.

Salah satu contohnya yaitu Bali, Bali merupakan salah satu daerah yang masih kental dengan budayanya, begitupun dengan makanannya juga. Nah kita punya rekomendasi makanan khas Bali yang harus kalian coba, selain rasanya sangat kuat, mungkin sensasinya akan lebih beda bila makan langsung di daerahnya. Berikut ini deretan makanan khas bali yang bisa kamu cobain

1.Sate Lilit

Bali sangat identik dengan sate lilitnya yang berbeda dengan sate lainnya. Yang membedakannya yaitu cara pembuatannya dimana sate lilit ini dibuat dengan melilitkan adonan daging yang sudah digiling ke dalam tusuk. Jika kamu membeli sate lilit pun, pastinya kamu ga akan diberi bumbu kacang pada biasanya, karena bumbu sudah dicampur dengan adonan sebelum dibakar.

Daging yang digunakan pun bukan sapi, tapi ikan tuna namun kebanyakan memakai ayam. Rasa yang dihasilkan sudah pasti enak, pedas manis yang tercampur ditambah lagi dengan aroma serai, dijamin deh sate ini bakal cocok dilidah siapapun.

2.Nasi Jinggo

Nasi jinggo ini menyerupai nasi kucing. Porsinya pun terbilang cukup sama yaitu hanya sekitar satu kepalan tangan orang dewasa. Yang membedakannya dengan nasi kucing adalah isiannya, isi dari nasi jinggo ini terdapat mie goreng, ayam suwir, tempe goreng dan pastinya tambahan sambal yang super nikmat. Untuk kamu yang makannya banyak, sepertinya satu porsi nasi jinggo ini ga bakalan cukup deh. Kamu bisa temui nasi jinggo ini di warung pinggie jalan sekitaran Kuta, Denpasar, dan Ubud.

3.Bebek Betutu

Bebek betutu ini sangat identik dengan bali, jika kamu mencicipinya udah pasti deh rasa rempahnya akan sangat terasa. Karena memang biasanya untuk membuat bebek betutu ini harus dibiarkan direndam semalaman dengan bumbu. Setelah itu bebek dikukus agar teksturnya lebih empuk, kemudian bebek tetap haris dipanggang agar menjadi lebih kering dan lebih enak untuk di konsumsi. Hidangan ini sanagt cocok ditemani oleh nasi dan sambal matah.

4.Babi Guling

Babi guling merupakan olahan makanan yang dibuat dari daging anak babi. Sebelumnya perut babi harus diisi dengan sayur seperti ketela pohon, setelah itu cara buatnya dengan di panggang sambil digulingkan. Tentunya makanan ini sudah di bumbui terlebih dahulu ya guys, jika warna daging babi sudah menjadi coklat tandanya hidangan tersebut sudah siap disantap. Masyarakat Bali memang sering menyediakan hidangan ini saat ada upacara adat atau menjamu tamu, karena pada dasarnya mayoritas masyarakatnya beragama hindu. Jadi untuk kamu yang muslim, lebih baik hindari makanan ini ya.

5.Sate Plecing

Sate yang satu ini pastinya memiliki rasa yang berbeda dengan sate biasanya. Bumbu yang digunakan untuk sate plecing ini yaitu tomat, cabai, air jeruk nipis, garam dan terasi. Rasa yang akan dihasilkan pun sudah pasti pedas dan gurih. Karena disini terdapat daging babi, tapi untuk kamu yang muslim bisa pakai alternative lain dengan daging ayam atau sapi.

Jika sate lain menggunakan bumbu kacang, sate plecing ini hanya dihidangkan dengan sambal plecing dengan 2 jenis yaitu pecing pedas dan plecing mani.

Jika kamu penasaran dengan makanan-makanan diatas, silahkan dicoba ya guys kalau ke Bali. Tapi tentunya kita harus hati-hati memilih makanannya, karena di Bali termasuk banyak makanan yang non halal.

MAKANAN KHAS SINGAPORE! WAJIB COBA

Daftar Makanan Khas Ala Singapore

1.Kari Kepala Ikan

Makanan yang satu ini juga mungkin udah gak asing saat kita mengujungi rumah makan padang di Indonesia. Pasalanya kari kepala ikan ini sama-sama dibuat dari kepala ikan kakap merah yang diberi kuah kari yang pedas. Biasanya hidangan ini harus ditemani oleh nasi atau isa juga dengan roti mantao.

2.Chili Crab

Makanan khas Singapore selanjutnya adalah Chili Crab atau kepiting saus Singapore. Chili crab ini bisa kamu temui ri restaurant-restaurant yang tersebar di Spore dan rasanya gak usah diragukan. Soal rasa dijamin enak karenakepiting disini sudah lebih lunak dan diberi bumbu hingga meresap ke dalam. Untuk kamu yang lagi diet saat sedang liburan, mending tinggali dulu deh, kapan lagi coba nyobain makanan enak seperti itu.

3.Kaya Toast

Beralih dulu ke makanan ringan, selain roti canai kamu bisa mencicipi Kaya toast ini. Kaya toast sebenernya roti bakar yang sebelumnya di lesi mentega dan diberi tambahan selai kelapa. Hindangan ini sangat cocok kamu nikmati saat sore hari dengan teh atau kopi. Ada juga yang lebih suka bila kaya toast ini disajikan dengan telur yang direbus setengah matang, lalu diberi lada diatasnya.

4.Fried Carrot Cake

Untuk yang menebak makanan ini dari wortel salah banget guys. Pasalnya makanan ini berbahan dari lobak putih. Makanan ini terdapat 2 macam yang berbeda yaitu fried carrot cake hitam yang diberi saus hitam caramel dan fried carrot cake putih yang diberi telur yang telah digoreng kering. Penasaran rasanya? Jangan lupa cobain ya kalau liburan ke Singapore.

5.Roti Prata

Makanan ringan lainnya yang cukup terkenal di Singapore yaitu roti prata. Sebenernya makanan ini khas dari India, namun banyak sekali yang jual di pinggiran jalan. Umunya roti ini berukuran tipis dan digoreng, untuk menikmatinya kamu bisa memakai suas keju, coklat pisang dan saus kari pedas.

6.Bubur Kodok

Untuk kamu yang muslim lebih baik jangan cobain ini ya karena ini non halal. Bubur ini biasanya dihindangkan bersama wine. Sama seperti namanya, kamu akan memakan kaki kodok, iya benar kaki kodok! Sebelumnya kaki kodok ini sudah di goreng terlebih dahulu lalu dicampur dengan ayam dan minyak wijen.

7.Bak Kut Teh

Makanan yang satu ini juga non halal ya guys! Makanan ini terbuat dari iga babi dengan kaldu yang sudah tercampur oleh bumbu rempah-rempah. Nasi dan mie biasanya jadi pendamping Bak Kut The, kamu pun bisa menambah sayuran ataupun kembang tahun.

8.Popiah

Popiah merupakan lumpia asal Singapura yang dibuat dari buncis dan daging cincang. Hidangan ini biasanya dibuat saat ada tamu yang datang di rumah, bisa juga dijadikan makanan ringan saat bersantai.

9.Vadai

Untuk yang belum tau, masyarakat Singapore ini biasanya kebanyakan turunan dari Tiongkok dan India. Makanya gak heran jika makanan-makanan mereka banyak dan terinspirasi dari warga-warganya. Seperti vadai ini, vadai merupakan makanan ringan yang dibuat dari kacang tanah yang diberi bawang bombay. Selain itu hidangan ini pun biasanya menggunakan cabai, daun kari dan mustard. Cara menyantapnya dengan cara dimakan bersama sambal kelapa dan diberi kaldu asam.

10.Char Kway Teow

Sudah pernah mencoba kwetiau yang biasanya dijual di pinggir jalan dan di restoran di Indonesia ? nah Car Kway Teow ini hampir sama seperti itu, tapi yang membuat bedanya yaitu makanan ini disajikan pada wajan yang panas. Isinya pun standar seperti biasa, ada telur, tauge, udang dan diberi kecap.

MAKANAN KHAS SINGAPORE! WAJIB COBA

Singapore merupakan salah satu negara tetangga yang sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia untuk sekedar berlibur dan berbelanja. Gak hanya tempat wisata dengan spot foto yang keren, Singapore juga punya makanan khasnya loh!

Rasanya gak lengkap kan kalau jalan-jalan ke suatu negara tapi ga mencicipi makanan khasnya. Makanan khas Singapore ini juga sangat cocok dilidah semua orang karena banyak ragam rasanya. Yang ada niat liburan ke sana, jangan lupa cicipi makanan-makanan dibawah ini ya!! cus kita bahas..

Makanan khas Singapore

1.Laksa

Laksa khas Singapore ini hampir mirip dengan tahu laksa di Padang. Awalnya makanan ini dapat inspirasi dari masyarakat Tionghoa yang banyak tinggal di Katong, karena biasanya mereka menghidangkan makanan tersebut. Isi dari laksa ini terdiri dari mie, udang, kerang, kacang yang disiram kuah santan yang pedas.

2.Nasi Lemak

Nasi lemak itu umumnya seperti nasi campur yang biasa ada diwarung nasi Indonesia guys! Bedanya, kalau nasi lemak ini dibuat dengan campuran santan dan daun pandan. Namun lauknya hampir sama kok seperti ayam, ikan teri, telur, dan diberi sambal. Karena harganya yang terjangkau, nasi lemak ini sering diburu para wisatawan dan mostly emang jarang banget di Singapore ada nasi.

3.Hokkien Prawn Mee

Makanan yang satu ini juga menjadi favorite masyarakat sana. Sajian Hokkien Prawn Mee menggunakan mie atau bihun yang direbus kaldu dari tulang babi atau dari seafood. Ketika mie tersebut sudah matang, mie di goreng dengan campuan bumbu dan diberi telur, cumi, tauge, udang ataupun babi. Makanan ini biasanya disajikan dengan perasan jeruk nipis agar tercipta rasa asam, pedas dan gurih.

4.Nasi Ayam Hainan

Nasi Ayam Hainan sebenarnya sajian nasi biasanya namun cenderung lebih wangi dan disajikan dengan ayam rebus yang telah dibumbui lalu dipotong memanjang dengan tekstur yang sangat lembut dan di beri kuah kaldu yang terpisah. Walaupun terkesan sangat sederhana, namun nasi Hainan ini bisa ditemui dimanapun karena sudah banyak yang jual.

5.Rojak Singapore

Gak cuma Indonesia yang punya rujak, Singapore juga punya loh guys! Rojak Singapore ini terdiri dari beberapa buah-buahan segar seperti manga, jambu air, nanas, timur, tauge dan ada bahan yang gak dipakai di rujak Indonesia seperti kangkong, tahu panggang dan stik adonan. Ohiya yang bikin bedanya dengan rujak negara kita ada, tuajk tersebut disiram dengan saus berwarna hitam yang berasal dari terasi yang sudah difermentasi, lalu diberi perasan jeruk nipis, taburan kacang, sambal, gula serta diberi bunga jahe. Mau tau rasanya gimana? Pokonya enak deh!

6.Ice Kachang

Ice Kachang ini merupakan es serut yang diberi topping seperti kolang-kaling, kacang merah, jagung dan jelly. Mungkin makanan ini hampir sama kali ya sama es doger, tapi yang membedakan ice kachang ini diberi sirup yang berwarna-warni. Makanan yang satu ini sangat segar bila dimakan saat siang hari.

7.Roti Canai

Buat yang belum tau roti canai itu apa, roti ini merupakan adonan yang dioleh dengan dengan mentega khas India bernama ghee. Untuk menikmati roti ini biasanya menggunakan saus kari ikan atau kambing dengan cara di cocol. Jadi kalau kamu cari lagi cari makanan ringan roti canai ini cocok banget dicoba, jangan sampe kelewatan yah kalau udah di Singapore.

Gimana nih tertarik makanan-makanan di atas gak? Atau mau yang lebih lagi? tunggu part 2!

MAKANAN YANG BISA BUAT GIGI PUTIH. EMANG ADA?

Memiliki gigi yang putih dan bersih tentu menjadi impian semua orang. Dengan gigi yang putih, maka kamu pun akan lebih terlihat percaya diri ketika berbicara dengan orang lain, dalam tertawa maupun tersenyum.

Tapi sayangnya ada beberapa makanan dan minuman yang bisa memengaruhi warna gigi loh. Apalagi kalau kamu jarang sikat gigi, gak kebayang kan banyak makanan yang tertinggal bisa busuk dan menjadi bakteri, atauh bahkan malah menyebabkan gigi jadi kuning.

Jangan khawatir guys, untuk menjaga kebersihkan gigi agar tetap putih, kamu bisa konsumsi beberapa makanan dibawah ini. Karena kandungan yang terdapat di dalamnya bisa membuat gigi tetap putih. Penasarakan apa aja sih makanan-makanan itu?

1.Keju

Siapa yang sangka, bahwa makanan yang banyak digemari ini ternyata bisa membuat gigi kamu tetap bersih dan putih, karena terdapat kandungan fosfat dan kalisum di dalamnya. Kandungan tersebut dipercaya bisa mengurangi keasaman dalam mulu dan bisa menjaga gigi dari kerusakan. Selain itu gigi bisa menjadi lebih kuat karena terdapat kandungan vitamain C pada keju yang tinggi.

2.Stoberi

Buah berukuran kecil ini ternyata bisa membantu untuk menjaga gigi agar tetap bersih dan putihlah. Stoberi memiliki kandungan asam folat yang berfungsi untuk membersihkan bakteri yang menempel pada gigi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa campurkan stoberi dengan baking soda, udah deh itu perfect combo banget.

3.Pir

Siapa yang suka mengonsumsi buah yang satu ini? selain memang menyegarkan, pir ini terdapat kandungan yang baik di dalamnya. Dengan mengunyak buah pir ini, bakteri yang bisa membuat bau mulu dan noda kuning yang menempel pada gigi bisa berkurang loh. bahkan jika ada kotoran yang masih nyangkut di sela-sela pun bisa menghilang dengan pir ini.

4.Apel

Apel merupakan salah satu buah yang paling banyak seratnya sehingga sangat bagus untuk pencernaan. Apel juga memiliki banyak kandungan air yang dimana bagus untuk membersihkan bakteri yang ada di gigi. Dengan mengunyah apel, bakteri yang menempel di gigi akan terhempas. Selain itu apel memiliki kandungan asa malat yang bisa meingkatkan produksi air liur, untuk membersihkan gigi dari noda minuman atau makanan. Hawa mulut kamu pun bisa jadi lebih segar.

5.Kacang

Makanan selanjutnya yaitu kacang. Kacang juga menjadi salah satu makanan yang bisa membersihkan gigi, misalnya kacang almond. Dengan kita mengonsumsi kacang bisa menjaga kesehatan gigi serta gusi dan bisa membuat gigi lebih kuar. Bahkan dengan kacang pun, plak yang menempel di gigi bisa hilang dan membuat kamu lebih percaya diri. Banyak yang mengatakan bahwa kacang bisa menyebabkan gigi kuning, padahal kandungan  didalamnya bisa memutihkan gigi.

6.Wortel

Selain kandungannya bagus untuk mata, kandungan wortle juga bisa meningkatkan produksi air liur yang bisa membersihkan sisa-sisa makanan dan bisa menguatkan gusi. Konsumsi wortel sekarang juga yukk biar kamu dapat manfaat yang berlipat.

7.Seledri

Selain harumnya yang wangi, ternyata seledri bisa membuat gigi akmu lebih putih loh. Caranya hanya dengan menggosokan batang seledri ke gigi, sebab noda-noda yang menempel di gigi bisa hilang seketika dengan seledri ini dan bisa membuat gigi kamu lebih putih.

Nah itu dia 7 makanan yang dipercaya bisa membantu permasalahan gigi. Cobain yuk! Bener gak sih bisa manjur? tapi kamu pun jangan hanya mengandal makanan ini saja ya, kamu harus tepat sikat gigi dengan rajin!

MAKANAN KHAS KOREA SELATAN YANG TERKENAL

Siapa disini yang suka kimchi? Nah buat kamu pecinta Korea, pasti udah ga asing dong dengan makanan-makanan dibawah ini. Ada apa aja sih? simak sama-sama yuk!

1.Kimchi

Penggemar Korea tapi gatau kimchi? Kayanya ga mungkin deh! Buat kamu yang belum tau, kimchi ini adalah sayurang yang sudah di fermentasi dengan berbagai bumbu dan memiliki rasa yang asam dan sedikit pedas. Kimchi biasanya terdiri adari sawri, lobak dan timun. Sedangkan bumbu yang digunakannya yaiu jahe, cabe, bawang bombay, saus ikan, bawang putih.

Dalam pembuatannya, biasanya kimchi dibuat dalam jumlah yang besar agar bisa disimpan sekaligus dan bisa bertahan lama. Makanan ini cocok untuk dijadikan lauk ataupun bisa sebagai bahan makanan. Kimchi ini menjadi salah satu makanan nashional Korea dan sudah menjadi budaya disana. Makanya gak heran setiap kamu nonton drama korea, pasti lalu ada kimchi pada hidangan makanan.

2.Kimbap

Makanan yang satu ini bisa dibilang hampir mirip sushi. Kimbap merupakan makanan yang terbuat dari nasi putih dengan campuran sayuran, telur dan daging lalau digulung menggunakan rumput laut. Sayuran yang digunakan biasanya ada wortel, bayam, timun, lobak, sementara nasinya juga harus di bumbui terlebih dahulu.

Satu gulung kimbap ini biasanya dipotong menjadi 6-8 potong berbentuk bundar. Setiap penyajiannya juga berbeda tergantung dari si pembuatnya, terkadang ditambah payonaise juga dan kecap asin.

3.Bibimbap

Bibimbap artinya yaitu nasi campur. Bibimbap ini merupakan nasi campur ala Korea yang dibuat degan nasi putih dengan aneka sayuran dan lauk disertai dengan saus. Penyajian makanan yang satu ini disajikan dalam mangkuk panas (hot plate) yang didalamnya nashi dengan yang lainnya sudah tersusun rapi, sehingga cara makannya harus diaduk sebelum makan.  Terkadang bibimbap ini sering diberi telur mentah yang langsung di pecahkan di dalam mangkuk.

4.Bulgogi

Bulgogi juga termasuk makanan khas dari Korea Selatan yang merupakan lembaran daging yang sudah diiris tipis-tipis dan dimasak dengan cara di panggang di atas pan. Daging yang masih mentah itu biasanya sudah dimarinasi dengan kecap, gula, bawang putih, lada dan minyak wijen.

Bulgogi juga sering disajikan dengan beberapa lauk lainnya yang berada di mangkuk-mangkuk kecil. Biasanya cara makan bulgoginya orang korea dengan cara membungkus dengan daun selada, di tambah saus, dan terkadang juga diberi potongan bawang putih, lalu di masukan ke mulut.

5.Ramyeon

Ramyeon ini sama dengan ramen namun versi koreanya. Untuk kamu yang sering nonton drakor, pasti udah gak asing kan sama ramyeon ini. Ramyeon ini sebenarnya sama saja dengan mie instan pada umumnya, namun biasanya orang Korea disana lebih menyukai penyajian langsung dari pancinya. Banyak merek ramyeon yang terkenal hingga seluruh dunia dan yang paling terkenal yaitu Shin Ramyun.

6.Jjajangmyeon

Makanan yang satu ini masih sama dengan ramyeon karena sama-sama dari mie. Namun yang membedakannya, jjajngmyeon ini dicampur dengan saus kedelai hitam yang kental dengan sayuran dan daging sapi. Mie nya juga berukurang lebih besar dari ukuran yang biasanya, sementara saus kedelai hitamnya dibuat dengan irisan bawang bombay.

Cara makannya hampir sama dengan mie ayam guys, jadi sebelum di makan harus diaduk dulu. Makanya gak heran kalau mie nya berubah jadi warna hitam. Makanan yang satu ini pun sering muncul di drama korea.

7.Japchae

Japchae ini beda ya dengan capcay yang ada di Indonesia. Yang membuat bedanya yaitu kalau Japcahe menggunakan sejenis binun yang ditumis bersama dengan wotel, bayam dan jamur yang diiris panjang tipis-tipis. Japchae ini rasanya cenderung manis karena biasanya dibeli kecap. Lauk yang bisa dimasak bersama Japchae pada umumnya menggunakan daging.

Nah itu dia 7 makanan khas dari Korea Selatan yang biasanya disajikan untuk jamuan makan. Makanan mana nih yang udah pernah kamu cobain?

MAKANAN YANG BISA MENJAGA KESEHATAN DAN KONDISI KULIT

Selain untuk melindungi organ yang ada di dalam tubuh, kulit juga menjadi organ tubuh yang paling besar karena bagiannya terdapat diseluruh bagian tubuh, selain itu kulit merupakan organ yang pertumbuhannya paling cepat.

Makanan yang kita konsumsi sangat bisa mempengaruhi struktur kulit, karena dengan nutrisi yang masuk kedalam tubuh dengan kualitas yang bagus pasti akan berpengaruh besar terhadap kulit kita.

Selain dengan perawatan menggunakan skincare tidak akan menghasilkan hasil yang optimal kalau tidak dibarengi dengan konsumsi makanan yang sehat. Karena pada dasarnya, makanan yang di konsumsi akan mempengaruhi semua organ yang ada di tubuh, termasuk kulit. Makanya untuk mendapatkan kulit yang sempurna, gak hanya di bantu oleh perawatan dari luar saja tapi juga penting untuk merawatnya dari dalam.

Ada beberapa makanan yang benar-benar dikhususkan untuk merawat sel-sel kulit, selain untuk melindungi tubuh dari sinar matahari bisa juga mengatur suhu tubuh.

Lalu untuk mendapatkan kulit yang sehat, mulus dan cerah, makanan ini bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan kulit yang seperti itu. Jadi apa saja sih makanan-makanan tersebut? Simak baik-baik ya!

Makanan yang Baik Untuk Kulit

1.Buah Sitrus

Buah yang mengandung banyak vitamin C biasanya banyak berguna bagi kesehatan tubuh, kamu bisa temui di beberapa buah seperti Lemon, jeruk dan limau. Vitamin C ini sudah terbukti untuk memproduksi kolagen serta membuat kulit tampak lebih cerah dan sehat. Selain itu vitamin C bisa menghilangkan kulit yang kering dan berkerut loh

Selain buah-buah diatas, buah dan sayur yang berwarna kuning dan merah bayak mengandung karotenoid dan antioksidan yang mampu membantu menurunkan sensitivtas kulit terhadap paparan sinar matahari.

2.Sayuran Hijau

Sayuran Hijau merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung vitamin A, C, dan K. Selain itu ada asam folat dan antioksidan yang kuat. Antiokdsidan ini bisa melawan radikal bebas yang bisa merusak kolagen, radikal bebas itu bisa berasal dari polusi udara dan paparan sinar matahari yang bisa membuat kulit menjadi kusam.

3.Kedelai

Makanan yang satu ini mengandung isoflavone dimana senyawa itu bisa memblokir estrogen yang ada pada tubuh, selain itu juga banyak manfaat yang bisa didapatkan termasuk kulit. Penelitian mengatakan bahwa kedelai dalam isoflavone bisa mengurangi kerutan dan bisa meningkatkan elastisitas pada kulit. Selain itu juga menjaga kulit menjadi lebih halus dan kuat.

4.Kacang Kenari

Kacang yang satu ini memang mengandung asam lemak dengan omega tingkat tinggi yang baik dan bermanfaat untuk membantu membuat minyak alami pada kulit. Selain itu asam lemaknya juga bisa membantu membuat kulit lebih terhidrasi dan kenyal.

5.Biji dan Kacang

Kacang-kacangan seperti almond, pistachio, macadamias dan kacang mete mengandung protein, lemak tak jenuh dan serta yang bisa membantu kulit bercahaya. Selain kacang-kacangan, vitamin A, C, dan E juga bisa memproduksi kolagen. Untuk pengganti kacang-kacangan ini, kamu bisa mengonsumsi seperti biji bunga matahari, wijen dan chia.

6.Alpukat

Walaupun alpukat memiliki kandungan lemak, namun kandungan lemak ini merupakan lemak sehat yang banyak manfaatnya termasuk bagi kesehatan kulit. Selain itu juga Vitamin C yang berfungsi untuk membentuk kolagen dan bisa meregenarasi sel kulit baru serta membuatnya lebih kencang.

7.Ikan

Ikan merupakan salah satu lauk yang baik bagi kulit salah satunya yaitu ikan salmon dan ikan sarden yang banyak manfaat untuk kulit. Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan salmon bisa bisa membuat kulit lebih halus dan tampak sehat.

Yuk mulai sekarang konsumsi makanan yang sehat, karena perawatan dari dalam tubuh juga sangat penting loh. Jangan sampai di sepelekan ya!

APA ITU FUSION FOOD?

Mungkin nama fusion food ini udah ga asing di telinga kalian. Fusion food merupakan gabungan dari beberapa teknik makanan atau elemen setiap makanan yang dipadupadankan sehingga menjadi satu jenis makanan dengan rasa baru yang menarik dan menciptakan sensasi rasa yang berbeda.

Setiap makanan pasti memiliki cita rasanya masing-masing, bahkan setiap kota atau negara selalu memiliki masakan yang berbeda-beda. Setiap tempat pun akan ada ciri khasnya masing-masing. Dengan begitu fushion food dimunculkan untuk mengombinasikan semua unsur tradisi kuliner.

Walaupun di Indonesia belum terlalu terkenal seperti di negara-negara alain, tapi kamu bisa menemukan fusion food ini di restaurant dan hotel di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Bali.

Fusion food ini juga biasanya menjadi hidangan tradisional dengan mengganti bumbu atau bahannya sehingga menciptakan makanan yang baru.

Perpaduan masakan ini biasa campuran antara budaya timur dan barat. Tak terkecuali karena adanya lintas budaya yang mengakibatkan pergerakan industry dan globalisasi antarnegara.

Inovasi makanan ini bisa di padupadankan sesuai dengan kreatifitas dari setiap masing-masing restaurant. Misalnya burger berasal dari Amerika, lalu dibumui dengan Saus Callipso yang berasal dari Mexico. Walaupun masih satu benua, namun rasa yang dihasilkan dari perpaduan mkanan ini akan menciptakan rasa unik tersendiri.

Namun biasanya fusion food akan mengusung beberapa jenis masakan dari Jepang, Cina, Thailand dan India. Biasanya orang-orang barat akan cocok dengan dengan lidah Asia.Contoh lainnya misalnya sushi, sushi merupakan makanan khas dari Jepang namun jika sudah masuk ke wilayah Amerika khususnya di California akan ada bentuk dan isi yang beragam.

Ada juga contoh lain seperti masakan Indonesia dibuat dengan teknik Eropa seperti rendang glazed wagyu beef fillet dan juga ginger marinated salmon fillet confit.

Dalam pembuatan fusion food ini, kita harus bisa memperhatikan setiap aspek yang digunakannya artinya rasa yang di campur atau dipadukan harus bisa saling melengkapi.

Maksudnya adalah dalam satu menu tidak boleh ada rasa yang kuat dan malah mendominan. Contohnya dalam pembuatan spageti rendang, ini merupakan makanan fusion dari Indonesia dan Italia.

Karena Pasta rasanya tawar sementara rendang akan sangat kuat rempah-rempahnya, ini malah akan bertabrakan. Karena pasti rasa rendang itu yang lebih kuat.

Pada dasarnya fusion food kan peleburan makanan dari dua jenis teknik dan budaya yang berbeda, artinya dari setiap menu harus bisa menonjolkan dari kedua pengaruh teknik atau rasa dalam satu makanan.

Fusion food bisa menggunakan saus sebagai elemen yang bisa mengikat atau menyatukan berbagai perngaruh dalam masakan. Walaupun memang tetap, deua elemen tidak boleh sama-sama kuat agar tidak terjadi tabrakan rasa.

Lain halnya dengan fusion food yang menyajikan dua bahan makanan dari dua jenis daerah yang berbeda. Karena walaupun berbeda namaun disatukan dengan bumbu yang sama, justru malah akan lebih menarik.

Balik lagi ke point awal, dimana fusion food ini akan menciptakan rasa yang otentik antara daerah satu dengan daerah yang lainnya atau mungkin masakan lokal dengan masakan luar negeri. Banyak tantangan yang harus dilewati demi mendapatkan satu menu fusion food ini karena kita harus berhadapan dengan kreativitas, imajinasi dan cita rasa. Makanya gak heran jika membuat satu fusion food ini akan membutuhkan waktu yang lama, karena kita harus memperhatian trial errornya, siapa tau makanan ini ga cocok di lidah orang.

Tapi jangan khawatir, kalau kamu ingin mencoba buat fusion food, kamu bisa cari menu-menunya di internet karena sudah banyak kok yang membuatnya. Selamat mencoba ya!