UNTUK DIET, NASI MERAH ATAU NASI SHIRATAKI?

Diet memang bisa dilakukan oleh beberapa cara. Ada yang dari olahraga, menjaga pola makan, ga makan nasi, ga ngemil, ada juga yang pakai obai pelangsing dan lain-lain.

Cara diet setiap orang pun berbeda, tergantung kebutuhan badannya seperti apa. Dan hasilnya pun berbeda-beda karena pada dasarnya kondisi tubuh setiap orang akan berbeda-beda.

Sejauh ini, cara diet yang paling ampun kalau ga olahraga ya pasti jaga makanan. Kalau kamu ngelakuin itu keduanya juga lebih bagus lagi.

Manfaat Nasi Merah dan Nasi Shirataki

Namun ternyata ada cara yang paling efektif nih untuk menurunkan berat yaitu dengan defisit kalori.

Apasih deficit kalori itu? Defisit kalori itu merupakan cara yang paling ampuh, karena kamu harus melakukan pembatasan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Caranya pun ada banyak, kamu harus sering menimbang dan mengecek berapa kalori yang akan masuk ke tubuh apabila kamu mengonsumsi makanan. Ini ditujukan supaya kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa terkontrol.

kalau menurutmu cara ini ribet, kamu bisa mencoba cara lain yaitu dengan mengganti nasi dengan karbohidrat yang lainnya.

Tapi aku ga bisa kalau ga makan nasi putih, itu harus gimana? Tenang aja, kali ini kita akan bahas pengganti nasi jadi kamu pun tidak akan tersiksa ketika diet.

Nasi merah menjadi pilihan yang cocok untuk diet dibanding dengan kamu yang mengonsumsi nasi putih, pasalnya nasi merah ini memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih.

Tapi tau gak sih ternyata ada nasi yang menjadi saingannya nasi merah yaitu nasi shirataki.

Kita intip yuk ada apa aja sih kandungan di dalemnya!

Pada dasarnya nasi merah dan nasi shirataki itu sama sama memiliki kandungan yang baik untuk tubuh.

Tapi untuk membandingkan keduanya, kamu harus cek dulu kandungan gizi yang ada di dalamnya.

Ohiya nasi merah ini ga ada proses penggilingan jadi kangundan serat yang terdapat di bagian kulitnya masih tetap ada.

Kalori yang ada pada bera merah ga jauh beda sama berasa lainnya. Beras erah mentang mengandung 360 kalori, kandungan lemak hanya 0,9, proteinnya 7,3 dan 6,2 serat.

Sementara itu, nasi shirataki mempunyai kalori yang lebih rendah, bebas dari karbohidrat, bebas dari kalori dan bebas gluten.

Pasalnya nasi shirataki ini mengandung 40% berat ubi gajah. Ketika sudah di masak, nasi shirataki ini teksturnya seperti jelly berwarna transparan dan kenyal.

Jangan salah, dengan kamu makan shirataki akan membuat kamu lebih kenyang serta bisa memperlancar proses pencernaan. Selain itu dengan mengonsumsi beras shirataki bisa menurunkan kadar kolesterol juga loh.

Karena shirataki ini sangat rendah kalori, jadi lebih disarankan mengonsumsi ini bagi kamu yang sedang diet.

Sebenernya sih ga masalah juga kalau kamu lebih pilih beras merah, di sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Kandungan glukomnan yang ada di beras shirataki juga bisa membuat kamu kenyang lebih lama, ini disebabkan karena seratnya lama untuk di cerna. Shirataki ini terbuat dari umbi-umbian dan iles-iles yang tumbuh di hutan.

Jadi kamu pilih yang mana nih untuk menggantikan nasi putih? Kalau kamu belum terbiasa dengan nasi shirataki ini kamu bisa mencobanya dulu dengan beras merah.

Selain menjaga asupan makanan, jangan lupa dibarengi juga dengan olahraga yang cukup. Percuma dong kalau kita diet tapi di ga barengi dengan olahraga dan satu lagi yang terpenting ada istirahat yang cukup!

KARAKTER SESEORANG BISA DILIHAT DARI MAKANAN FAVORITNYA? APAKAH BISA?

Setiap orang pasti punya makanan favorit masing-masing. Apalagi kalau berbicara tentang makanan pasti orang akan mikirnya sesuatu yang relative, mungkin munurut kamu makanan ini enak, tapi bagi dia makanan ini tidak enak, ataupun sebaliknya.

Hal ini sangatlah wajar karena setiap orang memiliki selera yang berbeda dan kesukaan yang berbeda pula.

Karakter Seseorang Menurut Makanan Favoritnya

Tapi katanya karakter seseorang bisa dilihat berdasarkan makanan favoritnya. Bener gak sih?

1.Nasi Goreng

Makanan asli dari Indonesia ini merupakan salah satu makanna favorite di kalangan masyarakat.

Nasi goreng pun bisa kita temui di pinggir jalan, bahkan di restaurant fancy sekalipun pasti ada.

Proses pembuatannya juga sangat gampang dan bahan-bahannya pun pasti selalu ada. Kalau mau bikin yang lebih gampang lagi sih beli aja bumbu instan, jadi deh nasi gorengnya tinggal tambahnya topping sesuai selera.

Nah pasti udah ketebak kan bagaimana karakter orang tersebut. Orang-orang penyuka nasi goreng ini cenderung lebih sederhana dan to the point. Mereka lebih menyukai untuk menyelesaikan suatu masalah atau pekerjaan dengan cepat.

2.Bakso

Makanan ini pun jangan di ragukan ketenarannya, karena bakso ini selalu ada dimana pun dan kapanpun.

Di setiap musim juga pasti ada, makan bakso pun cocok di semua waktu loh. Untuk kamu yang lebih suka berasa, pasti akan membumbui bakso itu dengan kecap, saos, sambal dan cuka.

Namun ada juga orang yang menyukai bakso dengan polosan atau tidak memakai apapun.  Nah kalau makanan favorit kamu bakso, udah pasti deh kamu orangnya yang ceria, senang bergaul dengan orang lain.

Kenapa bisa begitu karena bakso bentuknya bulat yang melambangkan fleksibel.

3.Mie Ayam

Mie ayam ini bisa kita temukan dimanapun karen ga terpengaruh oleh musim. Dilihat dari pembuataan, kita hanya perlu menunggu rebusan mie yang matang karena bahan yang lain pasti sudah di persiapkan.

Nah kalau kamu suka dengan mie ayam, kamu cenderung termasuk orang yang ga sabaran alias lebih suka hal-hal yang instan. Konteks lainnya yaitu orang yang biasa mie ayam cenderung akan cepat merasa lapar kembali.

4.Sate

Indonesia merupakan surga dunianya makanan. Makanya ga heran kalau setiap kamu pergi, pasti ada makanan yang namanya sama namun rupanya berbeda.

Misalnya sate ini, ada banyak jenis sate yang bisa ditemukan seperti sate padang, sate madura, sate taichan, begitupun dengan jenis dagingnya mulai dari daging ayam, sapi, kambing, usus dan lain-lain.

Orang yang menyukai sate pasti akan memakan mulai dari ukung lidi yang pendek kemudian mundur ke belakang dekat ujung lidi yang panjang.

Dengan begini karakter udah bisa di tebak, orang-orang seperti itu adalah orang yang teratur, perfeksionis dan apapun yang mereka lakukan harus sistematis.

5.Soto

Sama halnya dengan sate, soto ini banyak sekali macam jenisnya karena setiap kota pasti selalu beda mulai dari penyajiannya, bahan-bahan yang ada di dalamnya pokonya semuanya pasti punya keunikan tersendiri.

Semua soto pasti akan disajikan saat masih panas, namun makanan ini cocok di semua cuara. Terlihat jelas kan bagaimana karakter orang yang suka sama makanan ini?

Orang-orang ini cenderung punya kepribadian yang hangat dalam pergaulan maupun dalam keluarga dan ia pun bisa cepat beradaptasi dengan lingkungannya.

coba dari makanan di atas, ada makanan yang kamu suka ga? Apa karakter kepribadian kamu udah sama?

MAKANAN YANG COCOK UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN

Siapa coba yang gak mau punya berat badan yang ideal? Pasti setiap orang menginginkannya even itu cewek ataupun cowok.

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk punya berat badan yang ideal, salah satunya olahraga.

Tapi olahraga pun gak cukup loh, kamu harus bisa jaga pola makan dan harus bisa mengatur waktu makannya.

10 Makanan Yang Cocok Untuk Diet

Biasanya orang yang sedang menjalani program diet itu gak makan malam, mengurangi konsumsi makanan yang berlemak dan lain sebagainya.

Namun kamu gak bisa maksa itu semua, kamu benar-benar harus menjadi pola hidup sehat agar program diet tidak terasa menyiksa.

Kebanyakan orang banyak yang salah mengartikan diet itu sebagai suatu hal yang menyeramkan.

Padahal kalau kamu menjalankannya dengan benar, ga bakalan seseram yang kamu pikirkan kok. Semuanya itu butuh proses, begitupun dalam pemilihan makanan agar tubuh ga merasa kaget.

Kalau kamu langsung berubah secara drastis bagaiman pola makanmu, justru itu yang sangat bersiko kepada kesahatan.

Nah kira-kira makanan oaya yang bisa membangu mengurangi berat badan? Simak yuk!

1.Apel

Buah apel ini kaya akan serat. Kamu bisa merasa kenyang jika kamu mengonsumi 1 buah apel. Dengan begitu kamu gak akan merasa cepat lapar.

Apel juga sangat membantu penyerapan makanan sehingga bagus untuk pencernaan.

2.Kentang

Kentang bisa menggantikan nasi sebagai karbohidrat. Selain bikin kenyang, kentang ini juga bisa dijadikan cemilan karena kaya akan vitamin yang tinggi.

Kentang gak bikin kamu gendut asal sesuai dengan porsinya. Kamu bisa mengolahkanya dengan di rebus, di goreng ataupun di bakar.

3.Oatmeal

Oatmeal ini merupakan makanan yang biasanya digunakan saat diet. Memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi namun rendah sehingga bisa digunakan sebagai pengganti nasi.

Tapi jangan salah oatmeal ini bikin kamu kenyang, jadi aman banget kalau di konsumsi selama diet.

4.Alpukat

Alpukat ini menjadi salah satu buah yang bisa di konsumsi ketika kamu sedang melakukan program diet.

Walaupun sedikit mengandung lemak, tapi gak akan buat kamu menjadi gendut. Selain bikin kenyang, rasanya juga enak dan kalau bisa jangan dicampur dengan banyak gula ya.

5.Buah-buahan

Ketika kamu memutuskan untuk tidak makan malam, tapi kadang kamu merasa lapar, buah-buahan bisa menjadi solusi terbaik.

Kamu bisa menjadikan buah-buahan ini sebagai cemilan. Walaupun mengandung gula alami, tapi bikin kamu jadi gendut. Selain itu serat yang baik pada buah-buah bisa melancarkan pencernaan.

6.Dada ayam

Ayam merupakan sumber protein yang luamyan tinggi. Beberapa dari kalian mungkin merasa bahwa dada ayam rasanya sangat hambar, tetapi bagian ini merupakan bagian yang paling baik karena rendah lemak.

7.Kacang-kacangan

Selain mengandung kalori yang tinggi, tetapi kandungan protein, serat dan lemaknya seimbang sehingga bagus untuk kamu yang sedang menjalani program diet loh. Harus diingat kembali bahwa konsumsinya pun harus sewajarnya.

8.Gandum

Makanan apapun yang mengandung gandum pasti terdapat protein dan serat yang tinggi. Dengan mengonsumsi ini bisa buat kamu Kenyanga dan tidak akan terasa lapar.

9.Tahu

Tahu itu kalorinya sangat rendah tetapi serat yang dimiliki tinggi. Biasanya tahu ini di goreng biasa, namun beda halnya dengan orang yang sedang menjalani diet, lebih baik mengolah tahu dengan cara di kukus atau di rebus.

Walaupun mungkin rasanya aneh, tapi makanan ini sangat aman jika dijadikan cemilan.

10.Ubi

Kalau kamu memang sedang mengurangi nasi, kamu bisa menggantikannya dengan ubi. Karena dengan hanya merebusnya saja, rasa ubi ini tidak akan aneh. Kandungan karbohidratnya juga tinggi namun rendah gula.

Nah itulah 10 makanan yang bisa kamu jadikan untuk menu diet. Tinggal kita pintar-pintar mengolahnya dan jangan lupa harus dibarengi dengan olahraga ya agar kita dapat hasil yang maksimal.

KULINER JOGJA MANA YANG SUDAH KAMU KUNJUNGI?

Kalau kamu sedang berlibur di Jogja, wajib banget kamu untuk food hunter ke tempat tempat berikut ini.

Kuliner jogja Terenak

1.Angkringan Kopi Jos Lik Man

Yang pernah ke Jogja pasti sering dong melihat dimana-mana pasti terdapat angkringan dengan konsep warung yang berbeda-beda.

Ini dia salah satu angkringan yang di rekomendasikan oleh para wisatana yaitu Angkringan Lek Man.

Angkringan ini sudah bertahun tahun berdiri dan tempat ini cocok banget untuk kamu yang suka wisata malam, karena angkrigan kopi jos Lik Man ini baru buka pukul 21.00 hingga 2.00.

Untuk harganya juga sangat terjangkau dimulai dari harga Rp 2.500. Makanan yang disajikan ini berupa aneka sate, gorengan, nasi kucing dan menu utamanya yaitu kopi jos. Lokasi angkringan ini berada di samping Stasiun Kereta Api Yogyakarta.

Jangan kaget ya kalau kesini, karena tempatnya selalu di penuhi oleh pengunjung.

2.Sate Klathak Pak Pong

Apakah kamu suka dengan sate kambing? kebanyakan dari kita penggemar sate pasti lebih memilih sate olahan daging ayam maupun sapi.

Karena banyak yang bilang sate kambing itu bau dan bisa bikin pusing. Tetapi beda dengan sate Klathak ini, pasalnya sate ini diolah dengan kamibing muda yang bertekstur empuk ketika di gigit.

Selain itu sate ini hanya menggunakan bumbu garam dan merica sana. Proses pembakarannya juga unik karena memakai tusuk yang berasal dari baja ruji sepeda motor.

Satu porsi sate klathak ini isinya hanya 2 tusuk, namun potongan dagingnya besar jadi jangan takut kalau kamu tidak kenyang.

Selain menjual sate, kamu juga bisa mesan nasi goteng kambing dan tongseng. Untuk harga di bandrol di bawah 50 ribu per orang.

3.Mie Ayam Bu Tumini

Mie ayam ini terkenal sebagai mie ayam terenak di Yogyakarta. Mie ayam ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga habis.

Kalau kamu mencari mie ayam ini, tempatnya di Umbulharjo. Mie ayam ini harganya pas banget di kantong mahasiswa, yakni hanya Rp 10.000 saja

4.Es buah PK

Siapa yang suka minuman dingin ketika cuaca sedang panas? es buah ini sangat enak di nikmati saat kota yogya lagi di terpa cuaca panas dan terik.

Warung es buah ini termasuk warung yang legendaris karena sudah ada sejak 44 tahun yang lalu. Banyak orang yang rela untuk mengantri demi mengicipi semangkok es buah.

Es buah ini isinya terdiri dari nangak, sawo, kelapa muda, susu, aplukat, cingcau hitam yang diberi parutan es.

5.Rujak Es Krim Pak Nardi

Pasti kalian akan dibuat bingung bagaimana rasa rujak yang dicampur dengan es krim. Ga perlau khawatir, karena Pak Nardi ini sudah berjualan bertahun tahun.

Es krimnya dibuat sendiri secara langsung, diberi saus bawang putih. Namun di dalamnya tetap ada potongan berbagai macam buah. Kesini pas lagi panas panasnya sangat cocok banget.

6.Bakmi mbah gito

Walaupun tempat ini sedikit agak jauh dari pusat kota, namun tempat bakmi mbah gito ini sudah terkenal sendiri di telingan para turis.

Tempat ini asalnya berupa kendang sapi yang sekarang sudah dirubi menjadi resto yang lumayan agak besar.

furniture yang dipakai juga mayoritas dari kayu. Disini menjual berbagai macam mie goreng, mie kuah. Namun disini juga dijual nasi goreng mawut yaitu nasi yang dicampur dengan mie.

KALAU KE BANDUNG JANGAN LUPA COBA MAKANAN INI (part 2)

Kalian pasti udah baca yang part 1 kan? Hayo siapa yang udah cobain semua makanannya? Nah kalo misalnya di part 1 kurang, kami akan kasih tau lagi nih apa aja sih makanan khas Bandung lainnya yang harus di coba.

Makanan Khas Bandung

Simak yaa karena kali ini makanan yang akan dibahas makanan yang namanya disingkat-singkat. Penasaran kan?

1.Cimol

Kamu pasti familiar kan sama cimol ini, tau ga sih arti dari cimol? Cimol ini berasal dari dua kata yaitu aci digemol atau aci yang dibuat dengan cara di buat bundar bundar kecil.

Bahan dasarnya yaitu tepung kanji dan dicampur dengan bumbu-bumu lainnya lalu di goreng. Cimol ini tekstrunya kenyal, penyajiannya pun berbeda kadang ada yang pakai bumbu cabai kering dan penyedap lainnya seperti bumbu barbeque, balado, asin, jagung bakar dll.

Untuk harga jangan ditanya, karena murah banget dibawah 10 ribu.

2.Cireng

Makanan ini juga pasti ga asing kan, cireng merupakan singkatan dari aci digoreng. Sebenernya bahan dasar yang dipakai ga terlalu jauh beda, namun cireng ini ukurannya lebih besar.

Kadang rasanya ada yang polos, ada juga cireng yang diberi isi seperti keju, ayam maupun baso.

Kalau cireng polos biasanya diberi bumbu kacang yang khas, tapi bumbu ini sedikit agak berbeda dengan bumbu kacang yang ada di batagor maupun baso tahu. Untuk satu pcs biasanya dibanrol 2 ribu rupiah.

3.Cilok

Semua orang pasti tau ini, karena ga jauh beda juga dengan cimol namun cara pembuatannya ga di goreng, namun di kukus.

Cilok ini singkatan dari aci dicolok yang disajikan dengan bumbu kacang. Selain bumbu kacang, saos yang cair juga cocok untuk di konsumsi.

Untuk kamu yang ingin merasakan cilok, di setiap titik di Bandung pasti banyak penjual cilok, beberapa kafe juga ada yang menyediakannya. Harga perporsi biasanya dibawah 10 ribu.

4.Cilung

Mungkin kamu baru dengar makanan ini. cilung atau aci di gulung ini biasanya ditemukan di jajanan SD.

Cilung ini dibat dengan tepung kanji atau tepung sagu yang di campur dengan bumbu lainnya kemudian di goreng pada minyak yang panas,

lalu penjualnya kan menggulung aci tersebut menggunakan tusuk sate apabila dirasa sudah matang.

Bumbu dari makanan ini yaitu bumbu kacang serbuk dan juga bumbu cabai kering. Kalau makan cilung ini harus pas masih panas yaa biar rasanya lebih mantap. Untuk harga dibawah lima ribu pertusuknya.

5.Bandros

Ups ini bukan bandros yang jadi alat transportasi di Bandung ya. Bandros ini makanan jaman dulu yang sampai sekarang masih bertahan, karena memang rasanya bisa masuk ke setiap kalangan.

Bandros ini berbahan dasar tepung terigu, santan, dan kelapa parut dengan rasa yang gurih. Pembuatannya dimasukan ke cetakan yang sudah panas.

Kalau udah matang biasanya ditaburi gula agar bercampur antara manis dan gurih. Tukang bandros inipun banyaknya yang di pikul loh. Untuk harga seporsi biasanya dibawah 10 ribu.

6.Surabi

Makanan ini juga menjadi makanan khas dari Bandung yang biasa disajikan saat masih panas. Dahulu toping yang terkenal dari surabi ini hanya surabi oncom dan surabi coklat.

Namun seiring berjalannya waktu banyak inovasi baru yang dikeluarkan seperti rasa greentea, durian, keju, susu dll. Untuk harga persatuannya yaitu dibawah 10 ribu.

TAU FAKTA UNIK TENTANG MAKANAN-MAKANAN INI?

Tidak banyak orang yang peduli tentang gizi atau kandungan yang ada di dalam setiap makanan.

Tak terkecuali orang yang sedang program hidup sehat, pasti mereka akan memperhatikan apa yang ia makan.

Fakta Unik Makanan

Kebanyakan orang hanya melihat dari manfaat, kandungan gizi dan kalori dalam sebuah makanan. Padahal ada beberapa fakta yang pasti kamu belum tau tentang ini.

  1. Banyak orang yang tau bahwa jeruk memilki kandungan vitamin C yang baik, tetapi tau ga sih kamu ternyata paprika mengandung vitamin C 2,5 lebih banyak daripada jeruk.
  2. Orang-orang akan mengira ketika kita banyak makan makanan yang manis akan membuat kita menjadi gemuk karena kadar gula yang tinggi, tapi ternyata dengan makan makanan yang manis kita akan mudah buang air besar loh.
  3. Kalau kamu makan madu asli yang sudah berbulan bulan atau bertahun tahun, kamu ga akan keracunan. Pasalnya madu yang asli ga punya tanggal kadaluarsa. Ohiya madu pun tidak akan di gerumuti oleh semut loh.
  4. Banyak yang mengatakan bahwa, makanan akan terasa lebih enak ketika dimakan malam hari. Gimana pendapat kalian?
  5. Stigma terhadap coklat bisa menyebabkan jerawat itu ternyata salah besar. Sebab jerawat itu di produksi oleh hormone kita dan belum ada penelitian mengenai kaitan tentang jerawat dan cokelat.
  6. Keju merupakan makanan yang paling sering di curi di dunia. Beberapa jenis keju memiliki daya jual yang tinggi. Sudah seperti emas aja ya sampe di curi segala
  7. Kandungan air yang terdapat di mentimun yaitu sektar 96,5%. Wah banyak juga ya melebihi buah-buahan lain.
  8. Sebenarnya pisang masuk dalam golongan beri-berian tetapi tidak dengan stroberi. Kenapa bisa gitu ya?
  9. Kamu suka mengonsumsi Froot Loops? Ternyata sereal berwana-wani ini hanya memiliki satu rasa saja loh. Jangan tertipu karena berbeda warna ya.
  10. Hayo siapa yang suka dengan saus tomat? Karena katanya setiap satu botol saus tomat terdapat sekiar 30 atau lebih telur lalat di dalamnya.
  11. Kamu tau obat sianida yang dapat membunuh seseorang? Nah ternyata biji apel dapat melepas sianida saat proses metabolisme dalam tubuh. Hati-hati ya.
  12. Sebagian dari gula pasir ternyaa diputihkan menggunakan zat pemutih yang katanya di hasilkan dari tulang binatang.
  13. Kabarnya menurut beberapa orang yang kanibal, rasa daging manusia rasanya mirip seperti daging babi
  14. Semakin kecil ukuran cabai, artinya semakin pedas. Maka dari itu tingkat kepedesan cabai tidak bisa ditunjukkan oleh warna
  15. Biji alpukat mempunyai racun yang sangat bahaya bagi burung merpati
  16. Kalau kita suka mengonsumsi daun sampeu, atau daun singkong. Nyamuk akan tidak menyedot darah kita.
  17. Nyamuk lebih suka kepada orang yang baru saja memakan buah pisang
  18. Warna kuning atau merah dalam makanan bisa membuat seorang anak menjadi hiperaktif.
  19. Orang China akan menganggap teh sama seperti racun.
  20. Untuk mengecek apakah kamu mengonsumsi telur busuk atau tidak, sebelum di masak coba masukan telur kedalam air. Jika telur tersebut mengapung di permukaan air tandanya telur tersebut sudah busuk karena adanya penumpukan gas di dalamnya.
  21. Ketika kamu merasa lapar, cobalah untuk memakan sepotong dark cokelat. Pasalnya dengan kamu memakan hanya sepotong, akan buat kamu merasa lebih kenyang sehingga mencegah untuk makan banyak

KALAU KE BANDUNG JANGAN LUPA COBA MAKANAN INI

Bandung salah satu kota besar yang berada di Jawa Barat sekaligus menjadi Ibukota menjadi kota metropolitan atau tidak pernah tidur.

Kota Bandung ini sudah hampir mirip sama Jakarta, yang dimana selalu macet. Tetapi jangan salah, kalau sudah masuk waktu weekend, Bandung ini penuh dengan pendatang asing.

Karena Bandung sendiri memiliki puluhan tingga ratusan tempat wisata yang bisa didatangi mulai dari museum, wisata alam dan juga tempat berwisata belanja.

Oleh karena itu ga salah lagi kalau misalnya Bandung menjadi salah satu tujuan wisata favorite selain kota lainnya.

Kuliner Khas Bandung

Bandung terkenal dengan berbagai macam khas kulinernya. Kuliner Bandung pun sangat variatif dan memiliki cita rasa yang tinggi.

Harganya pun sangat terjangkau dan kamu bisa dimanjakan oleh berbagai cita rasa mulai dari makanan yang manis hingga asin. Rasanya kurang pas apabila kamu berkunjung ke Bandung tapi ga nyobain makanan-makanan ini.

Berikut beberapa makanan khas Bandung yang wajib kamu cobain. Cekidot!

1.Seblak

Belum ke Bandung kalau kamu belum coba seblak. Makanan ini cocok banget buat lidah yang suka pedas.

Awalnya seblak terbuat dari campuran kepuruk basah dan telur yang dibuat dengan bumbu-bumbu rempah.

Tetapi seiring berjalannya waktu, topping seblak ini bertambah banyak seperti baso, ceker, mie, sosis, simoay, macaroni dan lain-lain. Harganya bener-bener terjangkau ga sampe 20 ribu! Tapi kamu udah dibuat kenyang.  

2.Batagor

Tau ga sih kepanjangan dari batagor? batagor itu singkatan dari baso tahu goreng. Makanan ini biasanya dijual pakai gerobak.

Batagor ini terbuat dari adonan ikan yang dicampur dengan tepung, lalu adodan tersebut ditaruh diatas tahu putih dan kulit pangsit lalu di goreng dan disajikan dengan bumbu kacang dan kecap.

Batagor ini di bandrol mulai dari Rp 10 ribu, namun ada batagor yang sangat terkenal yaitu kingsley itu harganya cukup mahal tapi rasanya tidak akan bohong.

3.Baso tahu

Baso tahu ini tidak jauh beda dengan batagor. Karena bahan dasarnya sama dan disajikannya juga memakai bumbu kacang dan kecap.

Namun yang membedakan baso tahu dan batagor ini adalah, baso tahu cara pembuatannya di kukus.

Lalu selain tahu dan simoay, biasanya si penjual suka menambahkan topping seperti kol kukus dan telor utuh rebus. Harganya juga mulai dari 10 ribu per porsi.

4.Mie kocong

Bagi kamu yang suka dengan hidangan mie, kamu harus mencoba mie kocok ini. isi dari mie kocok yaitu mie kuning gepeng, potongan kikil, tauge, serta daun seledri dan bawang goreng untuk menambah rasa.

Kalau kamu suka pedas, tinggal ditambah sambal dan jangan lupa memakai jeruk nipis. Dijamin deh nagih banget.

Untuk harga biasanya mulai dari 25 ribu, Mie kocok yang favorite ada di jalan kebon kawung, sebelah Kartika Sari.

5.Bola Ubi

Untuk kamu yang suka cemilan ringan dan manis, kamu harus banget coba bola ubi. Pada dasarnya ini adalah ubi yang dicampur dengan adonan tepung dan di goreng.

Berbentuk bulat dan biasanya seporsi di bandrol 15 ribu. Kamu bisa menemukan bola ubi ini di daerah gardujati.

6.Gehu jeletot

Yang suka makan gorengan mana nih suaranya? Kalau kamu suka makanan ringan yang pedas, gehu ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Gehu ini merupakan tahu yang dalamnya diisi dengan irisan wortel, sayur kol dan ditambah cabe, lalu tak lupa di lumuri oleh adonan basah.

Saat makan ini kamu akan dimanjakan oleh rasa yang gurih, pedas dan juga kriuk. Satu gehu pedas ini biasnya dibandrol 3 ribu rupiah saja.

30 FAKTA UNIK TENTANG MAKANAN

Makanan menjadi salah satu hal terpenting yang ada diĀ  hidup kita. Tanpa makanan manusia tidak akan bias menjalani kehidupannya.

Namun, dari setiap makanan yang kita konsumsi, ada beberapa fakta menarik di baliknya. Mau tahu? Yuk simak dibawah ini

30 Fakta Unik Tentang Makanan Yang Harus Kalian Tahu

  1. Milkshake pisang yang dimaniskan dengan madu adalah salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan mabuk. Pisang membantu menenangkan perut, dan dengan madu, meningkatkan kadar gula darah.
  2. Italia tidak memiliki tomtao dan India tidak memiliki paprika sampai Amerika ditemukan.
  3. 4000 hamburger McDonald dimakan setiap menit. Itu juga jumlah burger yang mereka dapatkan dari satu sapi.
  4. Oreo berusia lebih dari 100 tahun dan merupakan ketukan kue yang disebut hidroks, yang dengan sendirinya menderita kesan bahwa itu adalah penutup oreo abd yang jatuh ke dalam ketidakjelasan
  5.  ada pisang merah yang rasanya manis, lembut, dan sedikit mirip raspberry.
  6.  Biji apel tidak menghasilkan apel sampe sebagai induknya. Untuk menjaga rasa yang sama, buah apel harus dicangkok.
  7.  Tomat sebenarnya adalah buah, bukan sayuran
  8.  Stroberi rata rata memiliki sekitar 200 biji
  9. Kiwi mengandung vitamin c dua kali lipat jeruk
  10. Setengah cangkir buah ara memiliki kalsium sebanyak setengah cangkir susu
  11. Lemon dapat membunuh bakteri karena memiliki kandungan asam tinggi yang membuatnya cocok untuk dibersihkan
  12. Jeruk mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang merusak dan menua kulit kita.
  13.  Jus blackberry digunakan untuk mewarnai kain navy blue dan indigo
  14. Anda dapat mempercepat mengupas nanas dengan berdiri terbalik (di ujung berdaun)
  15. Pisang bukanlah buah dalam kenyataannya,tapi  adalah ramuan.
  16. Mangga adalah buah yang paling favorit dan nomor satu di dunia
  17. Apakah Anda merasa perutnya kram? peppermint mengandung mentol, senyawa tumbuhan alami yang merelaksasi kejang intenstinal yang memicu rasa sakit. Ini mengurangi ketidaknyamanan perut hingga 40 persen.
  18.  Pernahkah Anda merasakan kram menstruasi? Anda perlu menambahkan oregano dan menikmati 2 sendok teh oregano segar setiap hari selama haid mengurangi atau menghilangkan kram. Itulah sebabnya ramuan thymol dan carvacrol ini, mengendurkan otot uterus untuk mencegah kontraksi yang menyakitkan.
  19. Asam eugnoll dan rosmarinic dalam basil meningkatkan produksi dopamin dan serotonin otak. menurut penelitian India, ini dapat menyebabkan suasana hati yang cerah hanya dalam tiga hari.
  20. Kamu merasa lelah? konsumsi ketumbar. pengangkatannya membalikkan penumpukan racun yang menyebabkan kelelahan kronis, nyeri sendi, dan depresi.
  21. Salmon atau tuna memiliki protein mendesak otot Anda untuk memulai proses penguatan
  22. Kunyit. rempah-rempah yang membuat kari kuning bertindak seperti ibuprofen melawan rasa sakit
  23. Kamu tau ga? makan 2 pisang sebelum 60 menit gy akan memberi Anda energi yang cukup untuk 90 menit latihan yang intens
  24. Jus jeruk juga merupakan cara yang sangat bagus untuk mempromosikan rambut lebih tebal dan baunya sangat menyegarkan, meningkatkan pertumbuhan rambut, menebalkan rambut, dan sangat bagus untuk mengobati ketombe.
  25. Cokelat mengandung phenylethylamine, zat kimia yang sama di otak ketika kamu sedang jatuh cinta
  26. Tahan sepotong cucuber di atap mulutmu dengan lidahmu selama 90 detik, phytchemical membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.
  27. Jus nanas merupakan 500% lebih efektif untuk membantu kamu menghentikan batuk daripada obat batuk. nanas segar mengandung zat yang dikenal sebagai bromelain. sejenis enzim yang memiliki karakteristik anti inflamasi yang dapat memerangi infeksi dan membasmi bakteri
  28. Menurut penelitian, keripik kentang menyebabkan kenaikan berat badan lebih banyak daripada makanan lainnya.