MACAM-MACAM PASTRY, APA KAMU SUDAH TAU?

1.Pâte Brisée

Pâte Brisée atau bisa juga disebut ricy shortcrust pastry biasanya digunakan untuk anke pie karena tidak mengandung gula. Namun adonan pastry yang satu ini cenderung memiliki kandungan lemak yang tinggi. adonan inipun ga ada telor tapi bisa di gantkan dari lemak dengan lard. Selain rasanya yang unik, lard juga bisa membantuk melembutkan adonan pastry, tapi untuk kamu yang muslim ga disarankan untuk yang muslim.

2.Shortycrust Pastry

Pastry yang satu ini dibewakan menjadi 2 macam yaitu plain dan manis. Shortcrust pastry ini kandungan lemaknya tinggi karena ada tambahan kuning telur yang membuat tekstur menjadi lebih lembut. Namun perlu diperhatikan dalam pembuatannya karena adonannya harus berada di suhu yang dingin, apabila adonan bersuhu hangat pasti akan memperngaruhi hasil akhir.

3. Pâte Sucrée

Pastry yang satu ini memiliki tekstru dan rasa seperti biscuit. Karena adonan ini akan sangat cocok jika digunakan untuk segala jenis pie atau tarta yang manis. Teksturnya pun murah rampuh sehingga adondan akan cepat lembut. Saat proses penggilasan adonan, kamu ga boleh menarburkan terlalu banyak terigu karena bisa-bisa terigu tersebut akan meresap ke adalam adonan. Jika hal itu terjadi, hasil akhirnya pun ga akan sempurna karena terlalu keras

4.Puff pastry

Pastry yang satu ini memang agak sedikit sulit dan harus banyak berlatih. Adonan puff pastry akan dibuat dengan cara laminate dough, dimana lemak yang digunakan harus ditutup dan ditipiskan lalu di lipat. Pastry yang satu ini memiliki kandunga lemak yang tinggi, bisa dilihat ketika adonan menggembung ketika di panggang. Biasanya margarin ini dipakai untuk membuat adonan ini.

Jika kamu ingin mendapatkan hasil gilasan yang bagus, pastikan terlebih dahulu setiap sisinya agar lebih mudah untuk di lipat dan jangan lupa untuk mendinginkan setiap adonan lipatan agar adonan tidak mudah rapuh.

5.Flaky Pastry

Adonan dari flaky pastry ini ga jauh berbeda dengan puff pastry, yang membedakannya flaky pastry ini tidak menggelembung, pembuatannya pun cukup berbeda. Lemak yang digunakan untuk megoleskan diatas adondan flaky pastry ini harus berada di suhu ruangan (tidak keras dan tidak lembut). Adonan seperti ini cocok untuk membuat pie ayam atau daging, cream horn dan juga pasties. Untuk meredakan adonan yang sudah keras ketika dipanggang, adonan harus di istirahatkan dulu sebentar sebelum di campur dengan mentega/lemak.

6.Rough Puff

Adonan pastry yang satu ini menjadi salah satu trik untuk membaut puff pastry. Cara membuatnya dengan mencampurkan tepung, mentega/lemak lalu di potong seperti dadu dengan ukuran yang kecil kemudian kasih air sedikit dan aduk hingga adunan menyatu tapi ga perlu sampai kalis. Hasil adonan ini harus tetap menggumpal kecil dan jangan lupa gunakan teknik lamintae dough untuk membaut lapisannya. Adonan pastry seperti ini biasanya digunakan sebagai topping pie atau pastries (sosej gulung)

7. Leavened Puff Pastry

Cara memuat Leavened Puff Pastrry ini hampir sama dengan puff pastry, namun yang membedakannya adalah adonan pastry ini berbahan dasar ragi yang akan dibiarkan mengembang sebelum proses laminating. Biasanya adonan ini digunakan untuk membuat croissants.

Lalu berikut ini ada beberapa tips dalam merolling pastry.

Jadi sebelum kamu menggilas adonan tersebut, lebih baik adonan dikeluarkan dari kulkas dan biarkan menjadi suhu ruangan selama 20-30 menit. Hal ini ditujukan agar adonan tidak pecah saat di gilas. Nah permukaannya untuk menggilas pun lebih baik yang memiliki suhu dingin melebihi adonannya seperti meja marble.

Itu dia beberapa tipe-tipe pastry, ternyata apa yang selama kita makan ini cara buatnya berbeda-beda ya. Untuk kamu yang sering buat-buat pastry, semoga bermanfaat ya.

SERING MAKAN PIZZA, TAPI TAU GAK SEJARAHNYA GIMANA?

Pizza merupakan salah satu fastfood yang disajikan dengan berbagai rasa dan jenis. Pizza ini juga menjadi salah satu makanan Itali selain pasta. Pizza sendiri berbentuk lingkaran dengan diameter yang berbeda-beda dan dibuat adonan roti yang dibentuk secara pipih.

Pizza pun memiliki sejarah yang panjang dan cara pembuatannya pun berbeda-beda setiap tradisi. Pada awal bangsa Yunani, pizza dibuat dengan versinya masing-masing.

Makanan ini katanya berasal dari Kota Naples, Italia pada tahun 1738. Antica Pizzeria Port’Alba merupakan restoran pizza yang pertama di dunia dan langsung berkembang pesat karena Kota Naples terkenal sebagai destinasi kota wisata yang sering dikunjungi oleh berbagai turis. Dengan begitu pizza pun bisa dikenal banyak orang.

Tapi ada juga yang bilang bahwa pizza ini menjadi makanan zaman kuno di Timur Tengah. Pasalnya masyarakat seperti Mesir, Isral sudah terbiasa dengan mkanan yang berbentuk roti pipih dan dipanggan dengan oven yang dibuat dari tanah liat. Namun topping yang biasa digunakan untuk membuat pizza berasal dari Romawi kuno dan Yunani.

Penduduk Yunani sudah sering mengonsumsi roti pipih yang di panggang dengan menggunakan minyak zaitun dan rempah-rempah.

Long story short, ada seprang penjual roti dari Napoli yang bernama Raffaele Esposito dianggap sebagai orang pertama yang sudah menciptkana pizza Italia yang seperti diperedaran. Tapi ada sejarawan lain yang meneliti asal-usul pizza bahwa kalau padagang kaki lima itu sudah menjual roti tipis sebelum Raffaele Esposito yang sudah di anggap sebagai pencipta pizza.

Namun, sejarawan yang meneliti mengenai asal-usul pizza menuliskan kalau pedagang kaki lima yang ada di Napoli sudah menjual roti tipis dengan topping bertahun-tahun sebelum Pak Raffaele Esposito dianggap sebagai pencipta pizza.

Ditahun 1889, raja dan ratu meminta Raffaele untuk membuatkan mereka pizza saat sedang berkunjung ke Napoli. Kemudia ia membuat pizza dengan toping tomat, mozzarella, daun basil di atas adonan roti tipis lalu di panggang. Pizza buatannya pun sampai saat ini dikenal sebgai pizza Margherita karena dibuat untuk memenuhi perminttan Ratu Margherita.

Setelah itu barulah makanan ini menyebar ke negara lain, bahkan sudah masuk ke Indonesia. Penyebaran ini karena pizza dibawa oleh penduduk Itali yang sedang melakukan perjalanan atau sedang menjadi pendatang di negara luar seperti Prancis, Inggris, Spanyol  dan Amerika. Tapi ketika sudah masuk ke negara-negara tersebut, banyak orang yang belum menyukai pizza mungkin karena masih asing bagi mereka namun setelah perang dunia kedua, pizza pun mulai dikenal. Pasalnya tentara yang baru pulang dari tugas perang dan hendak mencari makan, mereka biasanya mengonsumsi pizza dari Italia. Pada jaman dahulu pun pizza menjadi salah satu makanan yang sering di konsumsi orang-orang miskin karena harganya murah.  

Tapi kalian tau ga, ternyata pizza yang ada di Amerika dan di Italia itu berbeda loh. Walaupun sama-sama menggunakan adonan roti, tapi pizza yang di miliki oleh Amerika lebih tebal dibandingkan dengan pizza Itali yang terkenal tipis. Selain itu penggunaan topping dari kedua negara tersebut pun berbeda juga.

Karena popularitas pizza di Itali sudah meningkat dan sudah tersebar di seluruh dunia, masyarakat pun sudah bisa menerimanya. Kemudian banyak bermunculan bumbu seperti oregano yang membuat rasanya semakin lezat. Jenis pizza pun ada banyak macamnya seperti vegetarian pizza, acropolis pizza, margherita pizza, quattro pizza, dan seafood pizza.

Apapun bisa dijadikan topping untuk pizza dan bisa dikreasikan sesuai dengan selera. Lalu topping apa yang paling kamu suka?

MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI KETIKA MALAM HARI!!

Banyak yang bilang bahwa makan malam atau makan cemilan di malam hari bisa mengakibatkan kegemukan.

Padahal kalau kita makan sesuai porsi dan tidak sembarang ga akan buat gendut kok. Sering kali kita ga bisa mengontrol makanan apalagi ketika sedang mengerjakan tugas.

Kita akan berpikir bahwa tubuh membutuhkan energi supaya otak bisa dipakai untuk berpikir.

Makanan Yang Pantang di Makan di Malam Hari

Ada baiknya bila kita terakhir makan itu di waktu ketike magrib atau sekitar jam 6-7 malam. Karena pada dasarnya tubuh kita ga baik apabila menerima makanan di malam hari kemudian langsung tidur.

Padahal makanan perlu di cerna terlebih dahulu dan membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 jam.

Ketika kamu paksakan tidur, tubuhmu sedang berhenti dalam beraktivitas sehingga tidak ada makanan yang akan di cerna

Dan beberapa makanan di bawah ini tidak baik jika di makan pada jam-jam tertentu. Apa saja sih makanannya itu?

1.Jangan memakan buah-buahan yang asam

Dengan memakan buah yang asam malah akan menambah gas pada pencernaan dan bisa membuat kembung.

Buah-buah yang asam lebih baik di konsumsi ketika siang hari, ketika kamu merasa kembung di malam hari atau mengalami maag pasti akan membuat kamu susah tidur.

2.Jauhi makanan yang berlemak

Memang makanan berlemak akan lebih enak jika dimakan saat malam hari seperti burger, pizza dan kentang.

Namun makanan ini akan berbahaya kalau di konsumsi malam-malam, karena selain bisa menganggu pencernaan bisa juga menambah berat badan kamu.  

Lebih baik di konsumsi saat siang hari agar bisa menjadi energi untuk menunjang aktivitasnmu.

3.Coklat

Ternyata coklat juga mengandung kafein yang busa menyebabkan detak jantung bisa menjadi lebih cepat.

Selain itu cokelat mengandung banyak lemak dan gula, kamu pun akan terjaga setelah makan coklat dan akan mengalami susah tidur.

4.Hindari nasi

Kebiasaan makan nasi atau karbohidrat lainnya membuat berat badan kamu bertambah. Apalagi karbohidrat yang ada di nasi dan pasta, kandungannya sangat tinggi.

Hal ini menyebabkan karbohidrat ga akan di cerna oleh tubuh secara sempurna ketika dikonsumsi malam hari dan malah akan mengakibatkan menumpuk menjadi lemak.

5.Makanan pedas

Makanan pedas akan membuat pencernaan harus bekerja secara penuh karena ketika malam hari tubuh akan mengalami penurunan aktivitas untuk persiapan menjelang istirahat.

Makan makanan pedas pun akan membuat perut yang tidak nyaman ketika sedang tidur, senyawa kimia juga bisa membuatmu mimpi buruk.

6.Daging atau steak

Daging merupakan salah satu makanan yang sulit di cerna dan juga mengndung triptofan dan zat besi yang bisa membuat kram. Selain itu lemak yang terkandung dalam daging bisa berdampak pada kenaikan berat badan.

7.Makanan manis

Kalau kamu dasarnya sering dan hobi ngemil, mending kamu ngemil buah ajadeh daripada makanan manis yang dijadikan cemilan.

Makanan manis seperti es krim, biscuit, cake, permen mengandyng banyak gula. Dengan begitu akan mengakibatkan gula darah naik dan energi yang tersimpan terlalu banyak sehingga akan terjadi gangguan tidut serta penumpukan lemak.

8.Keju

Makanan yang satu ini bisa berpotensi kita untuk semakin gemuk karena keju mengandung lemak di dalamnya.

Walaupun keju sangat enakdi konsumsi dengan berbagai macam makanan, tapi kalau kamu mengonsumsi keju sebelum tidur bisa menyebabkan mimpi buruk karena mengandung jamur yang memiliki efek psikoaktif serta tyrmine.

Itulah 8 makanan yang sebaiknya kamu hindari. Menghindari bukan berarti ga boleh ya, boleh namun harus sesuai porsi dan jangan terlalu sering agar menjaga badanmu tetap sehat.

UNTUK DIET, NASI MERAH ATAU NASI SHIRATAKI?

Diet memang bisa dilakukan oleh beberapa cara. Ada yang dari olahraga, menjaga pola makan, ga makan nasi, ga ngemil, ada juga yang pakai obai pelangsing dan lain-lain.

Cara diet setiap orang pun berbeda, tergantung kebutuhan badannya seperti apa. Dan hasilnya pun berbeda-beda karena pada dasarnya kondisi tubuh setiap orang akan berbeda-beda.

Sejauh ini, cara diet yang paling ampun kalau ga olahraga ya pasti jaga makanan. Kalau kamu ngelakuin itu keduanya juga lebih bagus lagi.

Manfaat Nasi Merah dan Nasi Shirataki

Namun ternyata ada cara yang paling efektif nih untuk menurunkan berat yaitu dengan defisit kalori.

Apasih deficit kalori itu? Defisit kalori itu merupakan cara yang paling ampuh, karena kamu harus melakukan pembatasan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Caranya pun ada banyak, kamu harus sering menimbang dan mengecek berapa kalori yang akan masuk ke tubuh apabila kamu mengonsumsi makanan. Ini ditujukan supaya kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa terkontrol.

kalau menurutmu cara ini ribet, kamu bisa mencoba cara lain yaitu dengan mengganti nasi dengan karbohidrat yang lainnya.

Tapi aku ga bisa kalau ga makan nasi putih, itu harus gimana? Tenang aja, kali ini kita akan bahas pengganti nasi jadi kamu pun tidak akan tersiksa ketika diet.

Nasi merah menjadi pilihan yang cocok untuk diet dibanding dengan kamu yang mengonsumsi nasi putih, pasalnya nasi merah ini memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih.

Tapi tau gak sih ternyata ada nasi yang menjadi saingannya nasi merah yaitu nasi shirataki.

Kita intip yuk ada apa aja sih kandungan di dalemnya!

Pada dasarnya nasi merah dan nasi shirataki itu sama sama memiliki kandungan yang baik untuk tubuh.

Tapi untuk membandingkan keduanya, kamu harus cek dulu kandungan gizi yang ada di dalamnya.

Ohiya nasi merah ini ga ada proses penggilingan jadi kangundan serat yang terdapat di bagian kulitnya masih tetap ada.

Kalori yang ada pada bera merah ga jauh beda sama berasa lainnya. Beras erah mentang mengandung 360 kalori, kandungan lemak hanya 0,9, proteinnya 7,3 dan 6,2 serat.

Sementara itu, nasi shirataki mempunyai kalori yang lebih rendah, bebas dari karbohidrat, bebas dari kalori dan bebas gluten.

Pasalnya nasi shirataki ini mengandung 40% berat ubi gajah. Ketika sudah di masak, nasi shirataki ini teksturnya seperti jelly berwarna transparan dan kenyal.

Jangan salah, dengan kamu makan shirataki akan membuat kamu lebih kenyang serta bisa memperlancar proses pencernaan. Selain itu dengan mengonsumsi beras shirataki bisa menurunkan kadar kolesterol juga loh.

Karena shirataki ini sangat rendah kalori, jadi lebih disarankan mengonsumsi ini bagi kamu yang sedang diet.

Sebenernya sih ga masalah juga kalau kamu lebih pilih beras merah, di sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Kandungan glukomnan yang ada di beras shirataki juga bisa membuat kamu kenyang lebih lama, ini disebabkan karena seratnya lama untuk di cerna. Shirataki ini terbuat dari umbi-umbian dan iles-iles yang tumbuh di hutan.

Jadi kamu pilih yang mana nih untuk menggantikan nasi putih? Kalau kamu belum terbiasa dengan nasi shirataki ini kamu bisa mencobanya dulu dengan beras merah.

Selain menjaga asupan makanan, jangan lupa dibarengi juga dengan olahraga yang cukup. Percuma dong kalau kita diet tapi di ga barengi dengan olahraga dan satu lagi yang terpenting ada istirahat yang cukup!

KARAKTER SESEORANG BISA DILIHAT DARI MAKANAN FAVORITNYA? APAKAH BISA?

Setiap orang pasti punya makanan favorit masing-masing. Apalagi kalau berbicara tentang makanan pasti orang akan mikirnya sesuatu yang relative, mungkin munurut kamu makanan ini enak, tapi bagi dia makanan ini tidak enak, ataupun sebaliknya.

Hal ini sangatlah wajar karena setiap orang memiliki selera yang berbeda dan kesukaan yang berbeda pula.

Karakter Seseorang Menurut Makanan Favoritnya

Tapi katanya karakter seseorang bisa dilihat berdasarkan makanan favoritnya. Bener gak sih?

1.Nasi Goreng

Makanan asli dari Indonesia ini merupakan salah satu makanna favorite di kalangan masyarakat.

Nasi goreng pun bisa kita temui di pinggir jalan, bahkan di restaurant fancy sekalipun pasti ada.

Proses pembuatannya juga sangat gampang dan bahan-bahannya pun pasti selalu ada. Kalau mau bikin yang lebih gampang lagi sih beli aja bumbu instan, jadi deh nasi gorengnya tinggal tambahnya topping sesuai selera.

Nah pasti udah ketebak kan bagaimana karakter orang tersebut. Orang-orang penyuka nasi goreng ini cenderung lebih sederhana dan to the point. Mereka lebih menyukai untuk menyelesaikan suatu masalah atau pekerjaan dengan cepat.

2.Bakso

Makanan ini pun jangan di ragukan ketenarannya, karena bakso ini selalu ada dimana pun dan kapanpun.

Di setiap musim juga pasti ada, makan bakso pun cocok di semua waktu loh. Untuk kamu yang lebih suka berasa, pasti akan membumbui bakso itu dengan kecap, saos, sambal dan cuka.

Namun ada juga orang yang menyukai bakso dengan polosan atau tidak memakai apapun.  Nah kalau makanan favorit kamu bakso, udah pasti deh kamu orangnya yang ceria, senang bergaul dengan orang lain.

Kenapa bisa begitu karena bakso bentuknya bulat yang melambangkan fleksibel.

3.Mie Ayam

Mie ayam ini bisa kita temukan dimanapun karen ga terpengaruh oleh musim. Dilihat dari pembuataan, kita hanya perlu menunggu rebusan mie yang matang karena bahan yang lain pasti sudah di persiapkan.

Nah kalau kamu suka dengan mie ayam, kamu cenderung termasuk orang yang ga sabaran alias lebih suka hal-hal yang instan. Konteks lainnya yaitu orang yang biasa mie ayam cenderung akan cepat merasa lapar kembali.

4.Sate

Indonesia merupakan surga dunianya makanan. Makanya ga heran kalau setiap kamu pergi, pasti ada makanan yang namanya sama namun rupanya berbeda.

Misalnya sate ini, ada banyak jenis sate yang bisa ditemukan seperti sate padang, sate madura, sate taichan, begitupun dengan jenis dagingnya mulai dari daging ayam, sapi, kambing, usus dan lain-lain.

Orang yang menyukai sate pasti akan memakan mulai dari ukung lidi yang pendek kemudian mundur ke belakang dekat ujung lidi yang panjang.

Dengan begini karakter udah bisa di tebak, orang-orang seperti itu adalah orang yang teratur, perfeksionis dan apapun yang mereka lakukan harus sistematis.

5.Soto

Sama halnya dengan sate, soto ini banyak sekali macam jenisnya karena setiap kota pasti selalu beda mulai dari penyajiannya, bahan-bahan yang ada di dalamnya pokonya semuanya pasti punya keunikan tersendiri.

Semua soto pasti akan disajikan saat masih panas, namun makanan ini cocok di semua cuara. Terlihat jelas kan bagaimana karakter orang yang suka sama makanan ini?

Orang-orang ini cenderung punya kepribadian yang hangat dalam pergaulan maupun dalam keluarga dan ia pun bisa cepat beradaptasi dengan lingkungannya.

coba dari makanan di atas, ada makanan yang kamu suka ga? Apa karakter kepribadian kamu udah sama?

MAKANAN YANG COCOK UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN

Siapa coba yang gak mau punya berat badan yang ideal? Pasti setiap orang menginginkannya even itu cewek ataupun cowok.

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk punya berat badan yang ideal, salah satunya olahraga.

Tapi olahraga pun gak cukup loh, kamu harus bisa jaga pola makan dan harus bisa mengatur waktu makannya.

10 Makanan Yang Cocok Untuk Diet

Biasanya orang yang sedang menjalani program diet itu gak makan malam, mengurangi konsumsi makanan yang berlemak dan lain sebagainya.

Namun kamu gak bisa maksa itu semua, kamu benar-benar harus menjadi pola hidup sehat agar program diet tidak terasa menyiksa.

Kebanyakan orang banyak yang salah mengartikan diet itu sebagai suatu hal yang menyeramkan.

Padahal kalau kamu menjalankannya dengan benar, ga bakalan seseram yang kamu pikirkan kok. Semuanya itu butuh proses, begitupun dalam pemilihan makanan agar tubuh ga merasa kaget.

Kalau kamu langsung berubah secara drastis bagaiman pola makanmu, justru itu yang sangat bersiko kepada kesahatan.

Nah kira-kira makanan oaya yang bisa membangu mengurangi berat badan? Simak yuk!

1.Apel

Buah apel ini kaya akan serat. Kamu bisa merasa kenyang jika kamu mengonsumi 1 buah apel. Dengan begitu kamu gak akan merasa cepat lapar.

Apel juga sangat membantu penyerapan makanan sehingga bagus untuk pencernaan.

2.Kentang

Kentang bisa menggantikan nasi sebagai karbohidrat. Selain bikin kenyang, kentang ini juga bisa dijadikan cemilan karena kaya akan vitamin yang tinggi.

Kentang gak bikin kamu gendut asal sesuai dengan porsinya. Kamu bisa mengolahkanya dengan di rebus, di goreng ataupun di bakar.

3.Oatmeal

Oatmeal ini merupakan makanan yang biasanya digunakan saat diet. Memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi namun rendah sehingga bisa digunakan sebagai pengganti nasi.

Tapi jangan salah oatmeal ini bikin kamu kenyang, jadi aman banget kalau di konsumsi selama diet.

4.Alpukat

Alpukat ini menjadi salah satu buah yang bisa di konsumsi ketika kamu sedang melakukan program diet.

Walaupun sedikit mengandung lemak, tapi gak akan buat kamu menjadi gendut. Selain bikin kenyang, rasanya juga enak dan kalau bisa jangan dicampur dengan banyak gula ya.

5.Buah-buahan

Ketika kamu memutuskan untuk tidak makan malam, tapi kadang kamu merasa lapar, buah-buahan bisa menjadi solusi terbaik.

Kamu bisa menjadikan buah-buahan ini sebagai cemilan. Walaupun mengandung gula alami, tapi bikin kamu jadi gendut. Selain itu serat yang baik pada buah-buah bisa melancarkan pencernaan.

6.Dada ayam

Ayam merupakan sumber protein yang luamyan tinggi. Beberapa dari kalian mungkin merasa bahwa dada ayam rasanya sangat hambar, tetapi bagian ini merupakan bagian yang paling baik karena rendah lemak.

7.Kacang-kacangan

Selain mengandung kalori yang tinggi, tetapi kandungan protein, serat dan lemaknya seimbang sehingga bagus untuk kamu yang sedang menjalani program diet loh. Harus diingat kembali bahwa konsumsinya pun harus sewajarnya.

8.Gandum

Makanan apapun yang mengandung gandum pasti terdapat protein dan serat yang tinggi. Dengan mengonsumsi ini bisa buat kamu Kenyanga dan tidak akan terasa lapar.

9.Tahu

Tahu itu kalorinya sangat rendah tetapi serat yang dimiliki tinggi. Biasanya tahu ini di goreng biasa, namun beda halnya dengan orang yang sedang menjalani diet, lebih baik mengolah tahu dengan cara di kukus atau di rebus.

Walaupun mungkin rasanya aneh, tapi makanan ini sangat aman jika dijadikan cemilan.

10.Ubi

Kalau kamu memang sedang mengurangi nasi, kamu bisa menggantikannya dengan ubi. Karena dengan hanya merebusnya saja, rasa ubi ini tidak akan aneh. Kandungan karbohidratnya juga tinggi namun rendah gula.

Nah itulah 10 makanan yang bisa kamu jadikan untuk menu diet. Tinggal kita pintar-pintar mengolahnya dan jangan lupa harus dibarengi dengan olahraga ya agar kita dapat hasil yang maksimal.

KULINER JOGJA MANA YANG SUDAH KAMU KUNJUNGI?

Kalau kamu sedang berlibur di Jogja, wajib banget kamu untuk food hunter ke tempat tempat berikut ini.

Kuliner jogja Terenak

1.Angkringan Kopi Jos Lik Man

Yang pernah ke Jogja pasti sering dong melihat dimana-mana pasti terdapat angkringan dengan konsep warung yang berbeda-beda.

Ini dia salah satu angkringan yang di rekomendasikan oleh para wisatana yaitu Angkringan Lek Man.

Angkringan ini sudah bertahun tahun berdiri dan tempat ini cocok banget untuk kamu yang suka wisata malam, karena angkrigan kopi jos Lik Man ini baru buka pukul 21.00 hingga 2.00.

Untuk harganya juga sangat terjangkau dimulai dari harga Rp 2.500. Makanan yang disajikan ini berupa aneka sate, gorengan, nasi kucing dan menu utamanya yaitu kopi jos. Lokasi angkringan ini berada di samping Stasiun Kereta Api Yogyakarta.

Jangan kaget ya kalau kesini, karena tempatnya selalu di penuhi oleh pengunjung.

2.Sate Klathak Pak Pong

Apakah kamu suka dengan sate kambing? kebanyakan dari kita penggemar sate pasti lebih memilih sate olahan daging ayam maupun sapi.

Karena banyak yang bilang sate kambing itu bau dan bisa bikin pusing. Tetapi beda dengan sate Klathak ini, pasalnya sate ini diolah dengan kamibing muda yang bertekstur empuk ketika di gigit.

Selain itu sate ini hanya menggunakan bumbu garam dan merica sana. Proses pembakarannya juga unik karena memakai tusuk yang berasal dari baja ruji sepeda motor.

Satu porsi sate klathak ini isinya hanya 2 tusuk, namun potongan dagingnya besar jadi jangan takut kalau kamu tidak kenyang.

Selain menjual sate, kamu juga bisa mesan nasi goteng kambing dan tongseng. Untuk harga di bandrol di bawah 50 ribu per orang.

3.Mie Ayam Bu Tumini

Mie ayam ini terkenal sebagai mie ayam terenak di Yogyakarta. Mie ayam ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga habis.

Kalau kamu mencari mie ayam ini, tempatnya di Umbulharjo. Mie ayam ini harganya pas banget di kantong mahasiswa, yakni hanya Rp 10.000 saja

4.Es buah PK

Siapa yang suka minuman dingin ketika cuaca sedang panas? es buah ini sangat enak di nikmati saat kota yogya lagi di terpa cuaca panas dan terik.

Warung es buah ini termasuk warung yang legendaris karena sudah ada sejak 44 tahun yang lalu. Banyak orang yang rela untuk mengantri demi mengicipi semangkok es buah.

Es buah ini isinya terdiri dari nangak, sawo, kelapa muda, susu, aplukat, cingcau hitam yang diberi parutan es.

5.Rujak Es Krim Pak Nardi

Pasti kalian akan dibuat bingung bagaimana rasa rujak yang dicampur dengan es krim. Ga perlau khawatir, karena Pak Nardi ini sudah berjualan bertahun tahun.

Es krimnya dibuat sendiri secara langsung, diberi saus bawang putih. Namun di dalamnya tetap ada potongan berbagai macam buah. Kesini pas lagi panas panasnya sangat cocok banget.

6.Bakmi mbah gito

Walaupun tempat ini sedikit agak jauh dari pusat kota, namun tempat bakmi mbah gito ini sudah terkenal sendiri di telingan para turis.

Tempat ini asalnya berupa kendang sapi yang sekarang sudah dirubi menjadi resto yang lumayan agak besar.

furniture yang dipakai juga mayoritas dari kayu. Disini menjual berbagai macam mie goreng, mie kuah. Namun disini juga dijual nasi goreng mawut yaitu nasi yang dicampur dengan mie.

KALAU KE BANDUNG JANGAN LUPA COBA MAKANAN INI (part 2)

Kalian pasti udah baca yang part 1 kan? Hayo siapa yang udah cobain semua makanannya? Nah kalo misalnya di part 1 kurang, kami akan kasih tau lagi nih apa aja sih makanan khas Bandung lainnya yang harus di coba.

Makanan Khas Bandung

Simak yaa karena kali ini makanan yang akan dibahas makanan yang namanya disingkat-singkat. Penasaran kan?

1.Cimol

Kamu pasti familiar kan sama cimol ini, tau ga sih arti dari cimol? Cimol ini berasal dari dua kata yaitu aci digemol atau aci yang dibuat dengan cara di buat bundar bundar kecil.

Bahan dasarnya yaitu tepung kanji dan dicampur dengan bumbu-bumu lainnya lalu di goreng. Cimol ini tekstrunya kenyal, penyajiannya pun berbeda kadang ada yang pakai bumbu cabai kering dan penyedap lainnya seperti bumbu barbeque, balado, asin, jagung bakar dll.

Untuk harga jangan ditanya, karena murah banget dibawah 10 ribu.

2.Cireng

Makanan ini juga pasti ga asing kan, cireng merupakan singkatan dari aci digoreng. Sebenernya bahan dasar yang dipakai ga terlalu jauh beda, namun cireng ini ukurannya lebih besar.

Kadang rasanya ada yang polos, ada juga cireng yang diberi isi seperti keju, ayam maupun baso.

Kalau cireng polos biasanya diberi bumbu kacang yang khas, tapi bumbu ini sedikit agak berbeda dengan bumbu kacang yang ada di batagor maupun baso tahu. Untuk satu pcs biasanya dibanrol 2 ribu rupiah.

3.Cilok

Semua orang pasti tau ini, karena ga jauh beda juga dengan cimol namun cara pembuatannya ga di goreng, namun di kukus.

Cilok ini singkatan dari aci dicolok yang disajikan dengan bumbu kacang. Selain bumbu kacang, saos yang cair juga cocok untuk di konsumsi.

Untuk kamu yang ingin merasakan cilok, di setiap titik di Bandung pasti banyak penjual cilok, beberapa kafe juga ada yang menyediakannya. Harga perporsi biasanya dibawah 10 ribu.

4.Cilung

Mungkin kamu baru dengar makanan ini. cilung atau aci di gulung ini biasanya ditemukan di jajanan SD.

Cilung ini dibat dengan tepung kanji atau tepung sagu yang di campur dengan bumbu lainnya kemudian di goreng pada minyak yang panas,

lalu penjualnya kan menggulung aci tersebut menggunakan tusuk sate apabila dirasa sudah matang.

Bumbu dari makanan ini yaitu bumbu kacang serbuk dan juga bumbu cabai kering. Kalau makan cilung ini harus pas masih panas yaa biar rasanya lebih mantap. Untuk harga dibawah lima ribu pertusuknya.

5.Bandros

Ups ini bukan bandros yang jadi alat transportasi di Bandung ya. Bandros ini makanan jaman dulu yang sampai sekarang masih bertahan, karena memang rasanya bisa masuk ke setiap kalangan.

Bandros ini berbahan dasar tepung terigu, santan, dan kelapa parut dengan rasa yang gurih. Pembuatannya dimasukan ke cetakan yang sudah panas.

Kalau udah matang biasanya ditaburi gula agar bercampur antara manis dan gurih. Tukang bandros inipun banyaknya yang di pikul loh. Untuk harga seporsi biasanya dibawah 10 ribu.

6.Surabi

Makanan ini juga menjadi makanan khas dari Bandung yang biasa disajikan saat masih panas. Dahulu toping yang terkenal dari surabi ini hanya surabi oncom dan surabi coklat.

Namun seiring berjalannya waktu banyak inovasi baru yang dikeluarkan seperti rasa greentea, durian, keju, susu dll. Untuk harga persatuannya yaitu dibawah 10 ribu.